[SALAH] Video modus pembiusan cewek di salah satu wc umum mall di Jakarta

Polisi memastikan tidak ada upaya pembiusan dan penjualan organ tubuh manusia dalam video pertengkaran di WTC Mangga Dua, akarta Utara. Pertengkaran itu dipicu cinta segi tiga. Selengkapnya di bagian REFERENSI dan PENJELASAN

Baca dari awal hingga akhir, dan sikapi secara bijaksana.

======================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah
======================================

Di medsos, video itu beredar dengan narasi yang cukup meresahkan. Katanya, video tersebut merupakan bukti adanya modus pembiusan di toilet mal sebagai rangkaian awal kejahatan pencurian organ tubuh manusia. Narasi itu sangat meyakinkan karena dilengkapi foto tas pelaku yang berisi pisau, masker, jarum suntik, dan palu. Tas tersebut memang milik satu di antara dua perempuan yang bertengkar.

“Baru dapat video modus pembiusan cewek di salah satu wc umum mal di Jakarta. Dan yang bikin kaget pelakunya ternyata cewek juga. Untung, korbannya selamat dan langsung narik tas pelaku. Duh, please be safe everyone. Please aware sama siapa pun, even cewek juga. Scary AF!” tulis akun Twitter Mamai (twiiter.com/mommy_elzar) sambil membagikan video tersebut pada 15 Maret 2019. Posting-an itu sudah di-retweet lebih dari 45530 kali saat tangkapan layar diambil.

Akun tersebut juga membagikan foto yang diklaim sebagai isi tas dari pelaku dengan narasi “Dan kalian kudu tau isi tasnya itu apaan.
ADA SUNTIKAN BIUS, PALU, PISO KECIL SAMA PISO GEDE. KURANG SEREM APA COY?????!!!!!!! :scream::scream::scream:”

Juga tampilan dari monitor cctv dengan narasi “Tadinya nggak ngaku kalo kerudungnya punya dia. Tapi woo ooo kamu ketauannnn ~~~”

Sebenarnya akun ini sudah membuat tweet yang menyertakan sebuah screenshot artikel terkait kejadian tersebut dengan narasi “Agak susah dipercaya ya moso katanya perihal cinta segitiga? Hmmm. Kalo alat suntik sih w percaya bisa buat suntik vitamin. Lah kalo piso sama palu buat apaan? Mahat patung?”

=================================
Sumber :
http://bit.ly/2FcgJef , http://bit.ly/2Y5vDeS , http://bit.ly/2Fbslhu , http://bit.ly/2UJ694P
==================================

PENJELASAN

Viral video modus pembiusan yang dilakukan oleh seorang perempuan kepada perempuan lain di mal WTC Mangga Dua, Jakarta Utara pada Jumat (15/3). Kabar tersebut ternyata adalah kekeliruan.

Sekitar pukul 15.30 WIB, korban pergi ke toilet di lantai lower ground, seorang diri untuk buang air kecil. Tiba-tiba saat korban berada di depan wastafel, pelaku mencoba membekap mulut korban dari belakang dengan saputangan handuk.

Korban yang seorang pemilik kios di pusat perbelanjaan itu, kaget dan berontak lalu keluar toilet serta berteriak agar pengunjung memanggil satpam. Satpam pun membawa Yani ke pos dan melaporkan ke kepolisian.

Namun hal tersebut dikonfirmasi salah informasi oleh Kapolsek Pademangan Kompol Julianthy. Sebab, menurutnya ini adalah soal privasi atau asmara cinta segitiga yang berujung dengan penyerangan.

1. Polisi benarkan ada cekcok, korban sempat dibekap Kapolsek Pademangan Kompol Julianthy membenarkan terjadi cekcok antara dua perempuan sebagaimana yang digambarkan dalam video. Julianthy mengatakan, cekcok yang melibatkan dua perempuan berinisial SJ dan SDE itu terjadi di mal WTC Mangga Dua, Jumat petang. Namun, Julianthy membantah bila pelaku berniat membius korban menggunakan jarum suntik yang telah diisi obat bius. “Tidak ada obat bius seperti yang diviralkan di medsos, tidak benar obat bius. Itu korban memang sempat mau dibekap di toilet tapi korban berhasil berontak dan melawan,” kata Julianthy.

2. Cekcok dilatarbelakangi cinta segitiga Julianthy menjelaskan, cekcok yang diwarnai pembekapan itu dilatarbelakangi oleh konflik cinta segitiga antara SJ, SDE, dan suami SDE. “Pelaku SJ melakukan hal tersebut karena cemburu, mengingat pelaku memiliki hubungan spesial dengan suami korban (inisal S) yang merupakan teman sejak duduk dibangku sekolah,” ujar Julianthy.

Ia pun membantah bila SJ hendak membius SDE dan mengambil organ tubuhnya untuk diperjual belikan sebagaimana yang membuat warganet gusar. Julianthy menegaskan, SJ melakukan aksinya sendirian murni karena kecemburuan yang dialaminya.

3. Pelaku bawa jarum suntik dan pisau dapur Polisi mebenarkan bahwa pelaku berinisial SJ membawa tiga buah jarum suntik dan dua bilah pisau dapur saat cekcok dengan korban berinisial SDE Namun, Julianthy mengatakan, barang-barang tersebut tidak digunakan oleh pelaku saat membekap korban di toilet lantai dasar pusat perbelanjaan.

“Suntikan ini bukanlah obat bius seperti yang diberitakan bahwa akan melakukan pembiusan kepada korban tapi dia adalah pedagang online kosmetik,” kata Julianthy. Dua bilah pisau yang ada di tas juga tidak digunakan oleh SJ saat menyerang SDE. Kini barang-barang itu sudah disita oleh polisi.

4. Pelaku dan korban sepakat berdamai Peristiwa cekcok antara SJ dan SDE berakhir damai setelah keduanya sama-sama meneken surat pernyataan di hadapan polisi. Julianthy mengatakan, polisi telah membujuk korban membuat laporan polisi mengingat peristiwa pembekapan yang dialaminya cukup serius. Namun, kedua pihak yang didampingi suami masing-masing memilih berdamai dan menyelesaikan masalah itu secara kekeluargaan. “Yang bersangkutan atas bujukan dari suami korban dan suami si pelaku tidak membuat laporan dan dituangkan dalam surat pernyataan,” kata Julianthy.

=============

REFERENSI :
https://www.jawapos.com/jpg-today/16/03/2019/viral-modus-pembiusan-perempuan-di-mangga-dua-ternyata-ini-faktanya
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/03/17/07545591/4-fakta-di-balik-video-viral-cekcok-dua-wanita-di-mangga-dua
https://tirto.id/polisi-bantah-isu-pembekapan-amp-pencurian-organ-tubuh-di-mangga-dua-djDe