[SALAH] Caleg PPP Jadi Korban Kecelakaan Helikopter di Tasikmalaya dengan Membawa Uang Pecahan Rp. 100 ribu Sebanyak Satu Karung

Plt Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa istrinya yang juga Caleg PPP yakni Nurhayati Effendi Monoarfa sempat menumpangi helikopter nomor BO-105M PK EAH sebelum mengalami kecelakaan di Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/3). Istrinya menumpangi helikopter tersebut dalam rangka melakukan kunjungan kerja bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke Tasikmalaya. Kecelakaan terjadi ketika helikopter ingin kembali dari Tasikmalaya ke Jakarta.

Sementara Wakapolres Tasikmalaya, Komisaris Ricky Aries Setiawan menyatakan pihaknya tidak menemukan uang pecahan Rp. 100 ribu yang disebut ada di kardus di dalam helikopter yang mengalami kecelakaan tersebut. “Nggak ada uang pecahan di lokasi kejadian, itu hoaks. Apalagi foto-foto uang pecahan Rp100 ribu dalam jumlah banyak, termasuk foto seorang yang sedang mengenakan kaus berlogo 01 yang menunjukkan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu di dunia maya,” katanya, Minggu (17/3).

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Manipulated Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“Kecelakaan helikopter di antara tasik dan ciamis…
Ada korban luka² 4 org termasuk pilot…
Salah satu korban caleg dr. PPP
Bawa uang 100rb an sekarung…..
Berita selengkapnya di
https://regional.kompas.com/…/basarnas-sebut-penyebab-helik…,” posting akun Facebook Afif Azamroni, Senin (18/3).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Afif Azamroni membuat postingan yang menampilkan tiga foto. Pertama, foto helikopter jatuh dengan beberapa orang yang ada di lokasi, satu orang diantaranya yakni pria yang memakai kaos berkerah yang bertuliskan #01 di bagian dada kirinya dan #JokowiAmin di bagian kanannya. Foto kedua dan ketiga adalah foto beberapa uang pecahan Rp. 100 ribu di dalam kardus dan yang dipegang dengan tangan kiri.

Postingan foto tersebut ditambahkan narasi yang intinya mengatakan ada kecelakaan pesawat dengan korban luka-luka yang salah satunya ialah calon legislatif (Caleg) PPP yang membawa uang Rp. 100 ribu sebanyak satu karung. Berikut narasi lengkapnya:

“Kecelakaan helikopter di antara tasik dan ciamis…
Ada korban luka² 4 org termasuk pilot…
Salah satu korban caleg dr. PPP
Bawa uang 100rb an sekarung…..
Berita selengkapnya di
https://regional.kompas.com/…/basarnas-sebut-penyebab-helik…,” posting akun Facebook Afif Azamroni, Senin (18/3).

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa yang istrinya dikabarkan menjadi korban kecelakaan dari helikopter tersebut, memberikan klarifikasinya.

Suharso menyatakan bahwa istrinya yang juga Caleg PPP yakni Nurhayati Effendi Monoarfa tidak menjadi korban dalam kecelakaan helikopter tersebut. Ia menjelaskan memang istrinya yang juga sebagai anggota Komisi V DPR RI sempat menumpangi helikopter tersebut ke Tasikmalaya dalam rangka kunjungan kerja bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, namun helikopter itu jatuh di Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/3) saat akan kembali ke Jakarta.

“Jadi helikopternya jatuh saat balik ke Jakarta. Helikopter itu dari Tasikmalaya ke Jakarta tapi ternyata dia harus mendarat darurat. Istri saya sudah turun dari helikopter,” kata Suharso, Sabtu (16/3).

Suharso yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden menjelaskan ada empat orang yang selamat dari kecelakaan yakni dua penumpang, pilot, kru. Diketahui saat ini keempat korban masih dirawat di RS SMC Singaparna yaitu pilot Fuad Humran (63) mengalami luka ringan, Co-pilot Agung Raharja (64) luka berat, dua penumpang Tuti Budiawati (38), dan R. Johny Fajar Sofyan (58) sama-sama mengalami luka berat.

Sedangkan terkait ditemukannya uang pecahan Rp. 100 ribu sebanyak satu karung yang dibawa oleh helikopter yang mengalami kecelakaan tersebut, sebagaimana dikatakan oleh akun Facebook Afif Azamroni, Wakapolres Tasikmalaya Komisaris Ricky Aries Setiawan pun memberikan bantahannya. Ia menyatakan pihaknya tidak menemukan adanya uang pecahan Rp. 100 ribu di dalam kardus di helikopter nomor BO-105M PK EAH yang mengalami kecelakaan itu.

“Nggak ada uang pecahan di lokasi kejadian, itu hoaks. Apalagi foto-foto uang pecahan Rp100 ribu dalam jumlah banyak, termasuk foto seorang yang sedang mengenakan kaus berlogo 01 yang menunjukkan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu di dunia maya,” kata Ricky, Minggu (17/3).

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/afif.abufaqih/posts/2445569652120092
2. https://www.cnnindonesia.com/…/istri-plt-ketum-ppp-sempat-n…
3. http://mediaindonesia.com/…/223905-uang-di-helikopter-yang-…
4. https://nasional.republika.co.id/…/tak-ada-uang-dalam-kardu…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/857315911267612/