[SALAH] Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng

Judul berita “Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng” yang dibuat oleh harianumum.com, Jumat (15/3), yang dikutip dari cuitan @KwikKianGie_ itu adalah berita tidak benar.

======

Kategori : DISINFORMASI / False Context

======

Sumber : Akun Twitter [SALAH] Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng

Judul berita “Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng” yang dibuat oleh harianumum.com, Jumat (15/3), yang dikutip dari cuitan @KwikKianGie_ itu adalah berita tidak benar.

======

Kategori : DISINFORMASI / False Context

======

Sumber : Akun Twitter https://twitter.com/KwikKianGie_/status/1106375534148112384 , Media Daring https://www.harianumum.com/…/kwik-kian-gie-minta-kpk-selidi… dan Media Sosial Facebook beserta Twitter

Narasi :

“Menurut sy acara seperti ini untuk apa, mnfaatnya apa bagi rkyat Yg jelas acara sperti ini mnghambur2kn uang rakyat Baiknya di gunakn untk korban2 bncana yg terbukti mmbutuhkan bantuan Awas Berujung Kampanye @KPK_RI mohon selidiki”

======

Penjelasan :

Judul berita “Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng” yang dibuat oleh harianumum.com, Jumat (15/3), banyak warganet yang menyebarluaskan di media sosial.

Media tersebut mengutip cuitan dari akun Twitter @KwikKianGie_.

“Menurut sy acara seperti ini untuk apa, mnfaatnya apa bagi rkyat Yg jelas acara sperti ini mnghambur2kn uang rakyat Baiknya di gunakn untk korban2 bncana yg terbukti mmbutuhkan bantuan Awas Berujung Kampanye @KPK_RI mohon selidiki,” kata Kwik melalui akun Twitter pribadinya, @KwikKianGie_, Jumat (15/3).

Faktanya, berita tersebut yang mengutip dari cuitan @KwikKianGie_ itu adalah berita tidak benar.

Kwik Kian Gie langsung memberikan klarifikasinya kepada Kantor Berita Politik RMOL.


“Bersama ini saya menyatakan bahwa berita tersebut adalah tidak benar alias Hoax. Akun twitter @KwikKianGie bukan akun twitter milik saya,” kata Kwik meluruskan melalui pesan tertulis yang diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (15/3).

Dalam pesan itu, mantan Kepala Bappenas tersebut juga meluruskan pemberitaan yang dimuat salah satu media online berjudul Kwik Kian Gie Minta KPK Selidiki Apel Kebangsaan Pemprov Jateng”. Dalam berita itu, Kwik seolah sedang mengomentari acara apel kebangsaan di Jawa Tengah yang menelan anggaran mencapai Rp 18 miliar.

“Komentar di berita di link ini tidak benar berasal dari saya,” tegasnya.

Dia turut mengimbau kepada pengelola aku @KwikKianGie untuk segera menghentikan semua aktivitas yang menggunakan namanya.

Referensi :

https://politik.rmol.co/…/diluruskan-akun-twitter-kwikkiang…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/855186171480586/

About Levy Nasution 370 Articles
Journalist, traveller