[SALAH] Pesawat Pribadi Prabowo Dilarang Mendarat di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

PT Angkasa Pura I (Persero) membantah adanya larangan mendarat bagi pasangan calon presiden nomor urut 02 di Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin.

======

Kategori : HOAKS / Fabricated Content

======

Sumber : Media Sosial Twitter

======

Narasi :

Info terbaru pesawat pribadi pak prabowo tdk dapat ijin untuk mendarat di bandara samsudinnoor bjrmasin.utk menghadiri haul guru sekumpul hr ini…sungguh Terlalu Rezim ini..pdahal bukan utk kampanye.

Gara2 PS tdk dikasi mndarat di Peswatnya di Banjarmasin smua Bendera O1 diturunin sama Rakyat

======

Penjelasan :

Beredar pesan yang menyebut pesawat pribadi yang mengangkut capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, dilarang mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin pada Minggu (11/3) kemarin.

Di dalam pesan tersebut juga tertulis Prabowo ke Banjarmasin bukan untuk kampanye, melainkan menghadiri Haul Guru Sekumpul ke-14 di Kota Martapura, Kalimantan Selatan.

PT Angkasa Pura I (Persero) membantah adanya larangan mendarat bagi pasangan calon presiden nomor urut 02 di Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin.

Corporate Communications Senior Manager AP I Awaluddin mengatakan tidak ada pesawat pribadi yang dilarang mendarat di bandara tersebut hari ini.

“Tadi pihak bandara telah mengizinkan pesawat pribadi mendarat. Bukan Pak Prabowo, tetapi Pak Sandiaga Uno yang menggunakan pesawat tersebut,” kata Awaluddin, Minggu (10/3/2019).

Dia mengaku baru saja melakukan penerbangan dari Banjarmasin. Pesawatnya yang melakukan lepas landas (take off) pukul 18.45 WITA.

Saat itu, lanjutnya, pesawatnya sempat menunggu beberapa menit di taxiway karena menunggu pesawat lain yang hendak mendarat. Pesawat yang ditunggu tersebut digunakan oleh Sandiaga Uno.

Kordinator Jurubicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, memastikan bahwa kabar itu tidak benar.

Bapak tidak ke Banjarmasin,” ujarnya, diberitakan RMOLNetwork.

Bang Sandi yang ke sana,” sambung Dahnil.

Disebutkan dalam kabar yang berkembang itu, bahwa perjalanan Prabowo ke Banjarmasin adalah untuk menghadiri Haul Guru Sekumpul.

(Kabar itu) tidak benar,” ujar Dahnil lagi.

Adapun Sandiaga Uno berangkat ke Banjarmasin setelah menyelesaikan kegiatannya di Bandung.

Langsung menuju Haul Guru Sekumpul. Mudah-mudahan mendapat keberkahan,” tulis Sandi di akun Twitter miliknya, @sandiuno.

Guru Sekumpul yang memiliki nama asli Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjari adalah seorang ulama terkenal di Kalimantan. Pria kelahiran Martapura pada 11 Februari 1942 ini meninggal dunia pada 10 Agustus 2005.

Guru sekumpul merupakan keturunan kedelapan dari ulama besar Banjar, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al Banjari.

Semasa hidupnya, ia juga menulis sejumlah buku, seperti Risalah Mubaraqah, Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muhammad bin Abdul Karim Al-Qadiri Al-Hasani As-Samman Al-Madani, dan r-Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah.

Referensi :

http://www.rmolsumsel.com/read/2019/03/10/111289/Hoax,-Kabar-Pesawat-Prabowo-Dilarang-Mendarat-

https://kabar24.bisnis.com/read/20190310/15/897979/cek-fakta-prabowo-dilarang-mendarat-di-banjarmasin-ini-kejadiannya

https://kumparan.com/@kumparannews/ap-i-pesawat-pribadi-prabowo-dilarang-mendarat-di-banjarmasin-hoaks-1552266570195246295

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/853038738361996/

About Levy Nasution 391 Articles
Journalist, traveller