[SALAH] Gus Sholah Hadiri Gerakan Hizib Nasional dan Deklarasi Dukungan Prabowo-Sandi

Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah menyatakan dirinya tidak akan hadir ataupun terlibat dalam pertemuan dan deklarasi dukungan kiai dan santri kepada pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 02 Prabowo – Sandi yang direncanakan digelar di Pasuruan. “Enggak lah, mengerti juga tidak. Saya tidak ngerti sama sekali, dihubungi juga tidak. Dihubungi pun saya tidak akan datang,” ujar Gus Sholah saat ditemui di Pesantren Tebuireng Jombang, Senin (4/3/2019) siang.

=====

Sumber: Pesan Berantai Whatshapp

=====

Kategori: Misleading Content / Disinformasi

=====

Narasi:

“BARISAN KYAI DAN SANTRI NAHDLIYIN
PASURUAN-JAWA TIMUR

No. : 09/UND/03/2019/BKSN Pasuruan, 08 Maret 2019
Perihal : Pemberitahuan dan undangan

Kepada:
Yth. Ibu Hj Nur Asia Uno
Di Tempat Assalamu alaiukum WR. WB.

Bismillah segala puja dan puji hanya milik Alloh SWT semata. Sholawat serta salam tetap tercurahkan pada Junjungan dan Pemimpin agung kita Nabi Muhammad SAW sosok Rohmatan lil alamin.
Demi mempererat tali silaturahmi ukhuwah Islamiyah dan memperkuat barisan perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan makmur. Dengan ini kami memohon kehadiran Ibu Hj Nur Asia Uno untuk menghadiri c yang insya Alloh akan diadakan nanti pada:

Hari/tanggal: jumat, 08 Maret 2019
Waktu : 19.00 WIB (ba’da isya)
Tempat : Pondok Pesantren Tajul Muslimin
Jl Pesantren Genengan Glaghasari sukerejo Pasuruan

Acara :
– Pembacaan Hizib Nashor dan Bahr
– Pembacaan Maulid Nabi Muhammad saw
– Sambutan-sambutan
– Deklarasi dukungan oleh para Kyai, santri, muslimin dan muslimat
– Doa penutup

Demikian pemberitahuan sekaligus undangan dari kami, atas perhatian dan kehadirannya kami haturkan terima kasih. Jazakumulloh ahsanal jaza.

Turut menghadiri :

– KH Sholahuddin Wahid
– KH Hasib Wahab Hasbullah
– Gus Aam Wahab Hasbullah
– Gus Irfan Yusuf Hasyim
– KH Suyuti Toha

Sekretaris
(Miftakhul Huda)

Ketua BKSN Pasuruan
(Ahmad Suryo).”

=====

Penjelasan:

Beredar selebaran surat atas nama Barisan Kyai dan Santri Nahdliyin Pasuruan-Jawa Timur yang akan menyelenggarakan acara Gerakan Hizib Nasional dan Deklarasi Dukungan Prabowo-Sandi di Pondok Pesantren Tajul Muslimin, Jl Pesantren Genengan Giaghasari sukorejo Pasuruan, Jumat, (8/3).

Surat yang tersebar melalui pesan berantai Whatsapp tersebut juga mengatakan akan dihadiri oleh beberapa Kyai, diantaranya Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Mengetahui kabar ini, Gus Sholah yang juga adik dari Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) membantah dirinya bakal hadir ataupun terlibat dalam pertemuan dan deklarasi dukungan kiai dan santri kepada pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 02 Prabowo – Sandi yang direncanakan digelar di Pasuruan.

“Enggak lah, mengerti juga tidak. Saya tidak ngerti sama sekali, dihubungi juga tidak. Dihubungi pun saya tidak akan datang,” ujar Gus Sholah saat ditemui di Pesantren Tebuireng Jombang, Senin (4/3/2019) siang.

Sebelumnya, bantahan Gus Sholah bahwa dirinya bakal hadir dalam pertemuan Barisan Kiai dan Santri Nahdliyin di Pasuruan dipublikasikan laman tebuireng.online, situs milik Pesantren Tebuireng, pada Senin (4/3/2019) pagi. Pada laman tersebut, Gus Sholah menegaskan sikap netralnya dalam Pilpres 2019.

“Saya kan sudah menyatakan netral. Saya tidak mendukung Pak Jokowi, saya juga tidak mendukung Pak Prabowo,” katanya.

=====

Referensi:

1. https://regional.kompas.com/…/gus-sholah-bantah-bakal-hadir….
2. https://tebuireng.online/gus-sholah-bantah-hadiri-gerakan…/…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/849274468738423/