[SALAH] Ma’ruf Amin Sebut Memilih Jokowi dengan Dirinya Sama Saja Sudah Mengantongi Tiket Surga

Postingan akun Facebook Ranya Alfarizi (@ranya.alfarizi) yang berisi screenshot artikel berjudul “Ma’ruf Amin: Memilih Saya & Pak Jokowi Sama Saja Sudah Mengantongi Tiket Surga” yang ditayangkan operain.blogspot.com dapat dikategorikan sebagai disinformasi. Blog tersebut sudah tidak dapat diakses dan tak ditemukan juga di pemberitaan media daring lainnya.

Selain itu, foto yang digunakan dalam screenshot tersebut, konteksnya adalah ketika Maruf Amin memberi sambutan saat menghadiri Halaqoh Kebangsaan dan Doa Bersama di Pondok Pesantren Al-Muhajirin III, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). Diketahui juga ketika ada polemik terkait pernyataan surga dan neraka dari Farhat Abbas pada September 2018, Cawapres Ma’ruf menyatakan jangan bawa surga dan neraka dalam politik, tetapi pilihlah sesuai dengan selera, dengan hati dan yang terbaik.

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Misleading Content / Disinformasi

=====

Narasi :

“Jarang OL gue jd ketinggalan info.
Baru tau gue bahwa kunci syurga sekarang udah berpindah tangan dulu sama farhat sekarang ada di tangan mbah yai dan kang jae.
#Pengen ketawa atut kualat.:blush::blush:
#UninstallJokowi
#AprilPrabowoPresiden,” posting akun Facebook Ranya Alfarizi (@ranya.alfarizi), Sabtu (16/2).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Ranya Alfarizi atau ranya.alfaizi membuat postingan yang berisi screenshot artikel dari operain.blogspot.com yang berjudul “Ma’ruf Amin: Memilih Saya & Pak Jokowi Sama Saja Sudah Mengantongi Tiket Surga”.

Dalam postingan itu juga ditambahkan narasi oleh akun Facebook Ranya yang intinya mengatakan kunci surga sekarang sudah berpindah tangan, dari sebelumnya di Farhat Abbas, sekarang di Ma’ruf Amin dan Joko Widodo (Jokowi).

Berikut narasi lengkapnya:

“Jarang OL gue jd ketinggalan info.
Baru tau gue bahwa kunci syurga sekarang udah berpindah tangan dulu sama farhat sekarang ada di tangan mbah yai dan kang jae.
#Pengen ketawa atut kualat.:blush::blush:
#UninstallJokowi
#AprilPrabowoPresiden,” posting akun Facebook Ranya Alfarizi (@ranya.alfarizi), Sabtu (16/2).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, artikel yang berjudul “Ma’ruf Amin: Memilih Saya & Pak Jokowi Sama Saja Sudah Mengantongi Tiket Surga” tidak lagi dimuat di operain.blogspot.com. Dan blog tersebut sudah tidak bisa diakses lagi.

Selain itu, artikel tersebut juga tidak ditemukan atau diberitakan oleh media daring yang dapat dipertanggungjawabkan.

Di sisi lain, terkait foto Ma’ruf Amin yang digunakan pada artikel itu, adalah foto Ma’ruf saat memberi sambutan ketika menghadiri Halaqoh Kebangsaan dan Doa Bersama di Pondok Pesantren Al-Muhajirin III, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (3/10/2018). ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar.

Berhubungan dengan konten yang disebut akun Facebook Ranya bahwa kunci surga sudah berpindah tangan dari Farhat Abbas ke Ma’ruf dan Jokowi, berdasarkan penelusuran ditemukan bahwa Ma’ruf ternyata pernah mengkoreksi Farhat yang pernah mengatakan “Yang Pilih Pak Jokowi Masuk Surga ! Yang Gak Pilih Pak Jokowi dan Yang Menghina, Fitnah & Nyinyirin Pak Jokowi ! Bakal Masuk Neraka ! ( jubir-Indonesia ),” posting akun Instagram @farhatabbastv226, Senin (10/9/2018).

Ma’ruf menegaskan ketika diwawancara oleh Kompas.TV pada 13 September 2018, bahwa dalam politik jangan bawa surga dan neraka, tapi pilih sesuai dengan selera, sesuai dengan hati dan mana yang terbaik.

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/ranya.alfarizi/posts/111167783355892
2. https://operain.blogspot.com/…/maruf-amin-memilih-saya-pak-…
3. https://tirto.id/ma039ruf-amin-peringatkan-tengku-zulkarnai…
4. https://www.cnnindonesia.com/…/farhat-pilih-jokowi-masuk-su…
5. https://www.kompas.tv/…/ma-ruf-amin-dalam-politik-jangan-ba…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/843784485954088/