[SALAH] Foto Massa Demo Jokowi Tanpa Pakaian

Debunk ini sanggahan dari informasi yang disebar oleh akun facebook bernama Hakimin Amir Kincay yang disebutnya merupakan demo anti Jokowi oleh segelintir orang yang tidak mengenakan busana. setelah di telusuri foto asli tersebut memuat artikel berbahasa vietnam dimana itu adalah gerakan demonstran filipina yang memprotes peta berbentuk lidah sapi terkait sengketa di laut cina selatan pada tahun 2012 silam.

======

[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT / KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Hakimin Amir Kincay memposting sebuah foto diserta narasi yang menyebut bahwa adanya demo anti Jokowi. dalam foto tersebut menunjukkan beberapa pria tanpa busana dan hanya menggunakan foto bergambar Jokowi untuk menutupi alat vitalnya.

Foto tersebut diposting ke grup facebook Kabar Jambi Kito pada 23 februari 2019 dan sudah dibagikan sebanyak 104 kali dengan 703 komentar.

Faktanya, berdasarkan penelusuran menggunakan google reverse image, foto tersebut bukanlah kegiatan demonstrasi anti Jokowi melainkan gerakan masyarakat filipina yang memprotes sengketa laut cina selatan terkait paspor peta berbentuk garis lidah sapi.

Mengutip dari http://www.ngay-dem.com, artikel berbahasa vietnam itu berisi informasi mengenai aksi demo yang cukup vulgar tersebut dalam meprotes wilayah sengketa di laut cina selatan, serta kebijakan paspor Cina yang bergambar peta garis lidah sapi.

[KESIMPULAN]:

Foto yang diklaim merupakan demo anti jokowi itu adalah tidak benar. karena faktanya foto yang digunakan untuk menutupi alat vital para demonstran sudah di edit menjadi wajah jokowi. kegiatan itu merupakan aksi demo beberapa warga filipina terkait sengketa Laut Cina Selatan pada tahun 2012.

======

REFERENSI:

http://www.ngay-dem.com/modules.php…

https://twitter.com/search?q=hoax&src=typd

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*