[SALAH] “Hari ini terjadi di Malaka-Malaysia”

Bukan di Malaka, lokasi kejadian yang benar adalah di Rio de Janeiro (Brazil). Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

FALSE CONTEXT.

======

SUMBER

Pesan berantai Whatsapp.

======

NARASI

“Hari ini terjadi di Malaka-Malaysia, Anak kecil didalam mobil main hp, Orang tua diluar isi bensin mobil. Tolong sebarkan ke semua teman dan saudaranya. SANGAT PENTING karna kita semua sering kurang perhatiin main hp didalam mobil ataupun luar mobil waktu isi BENSIN. 🙏🙏🙏”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2BFEoCS Groundviews: “FALSE CONTEXT

When genuine content is shared with false contextual information”
(Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah).

  • Pesan SUMBER menggunakan video kejadian di Rio de Janeiro, Brazil.
  • Pesan SUMBER memelintir lokasi kejadian, lokasi sebenarnya adalah di Rio de Janeiro dinarasikan di Malaka.

——

(2) Beberapa informasi yang terkait:

  • EXTRA: “Wanita meninggal setelah mobil meledak di pompa bensin di São Gonçalo; video”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • http://bit.ly/2UWKwO0 “Casos de Polícia” (twitter.com/CasodePolicia): “Mulher morre após carro explodir em posto de gasolina em São Gonçalo; vídeo. https://goo.gl/mnDAPu”.

http://bit.ly/2Ed7Am6 Google Translate: “Wanita meninggal setelah mobil meledak di pompa bensin di São Gonçalo; video. https://goo.gl/mnDAPu”.

======

REFERENSI

(1) EXTRA: “04/04/17 08:08 Diperbarui pada 04/09/17 13:02

Wanita meninggal setelah mobil meledak di pompa bensin di São Gonçalo; video

(foto)

Cíntia Cruz

Seorang wanita meninggal Sabtu malam setelah sebuah mobil meledak di sebuah pompa bensin di São Gonçalo, Wilayah Metropolitan Rio de Janeiro. Erica Lima Thiengo Siqueira, 27, ada di dalam mobil ketika ledakan terjadi. Menurut Departemen Pemadam Kebakaran, tubuhnya hangus dan dikirim ke Tribobó Legal Medical Institute. Ledakan itu terjadi di José Mendonça de Campos Street, di lingkungan Colubandê. DP ke-74 (Alcântara) sedang menyelidiki kasus ini.

Video kamera keamanan stasiun, yang beredar di jejaring sosial, menunjukkan momen ledakan. Dalam gambar-gambar itu mungkin untuk melihat pengemudi kendaraan, diidentifikasi sebagai Francisco José Gomes da Costa, keluar dari mobil. Dengan ledakan itu, ia terangkat. Menurut Polisi Sipil, ia dirujuk ke Rumah Sakit Alberto Torres di São Gonçalo. Kondisinya serius. Korban ketiga diidentifikasi sebagai Jorge Siqueira de Souza. Tidak ada informasi tentang kondisinya.

Video tidak disensor
(cuitan di https://twitter.com/CasodePolicia/status/851075319129927681)

(foto)

Polisi Sipil mengatakan bahwa penyelidikan sudah dilakukan di dalam mobil dan itu menyelidiki penyebab kecelakaan. Brigade dan manajer stasiun bahan bakar akan didengar minggu ini tentang ledakan itu.

Kecelakaan itu terjadi sekitar jam 9 malam di sebuah stasiun di lingkungan Colubandê setelah mobil itu diisi bahan bakar gas. Masih menurut Departemen Pemadam Kebakaran, yang terluka sudah diselamatkan ketika agen tiba.

(foto)

Video lain, yang diterbitkan oleh halaman ‘Guadalupe News’ menunjukkan mobil setelah ledakan dan penyelamatan pengemudi kendaraan.”

(Google Translate dengan penyesuaian seperlunya, http://bit.ly/2Ed7Am6).

——

(2) http://bit.ly/2TTbAxF Google Maps, jarak antara Malaka dengan Rio de Janeiro.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/838877739778096/