[SALAH] Detik.com Beritakan Ketua Umum PSI Nyatakan Siap Menjadi Menteri Kabinet Kerja Jokowi

Screenshot berita detik.com yang berjudul “GRACE NATALIE NYATAKAN SIAP JIKA DI MINTA MENJADI SALAH SATU MENTRI DI KABINET KERJA,” yang dibagikan akun Facebook Bang Uje pada Minggu (10/2) adalah tidak benar atau hasil editan. Hasil penelusuran ditemukan berita aslinya terdapat pada detik.com dengan judul “PSI Diduga Otak Indonesia Barokah, Grace Natalie: Saya Bisa Tuntut Andi Arief.”

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Manipulated Context / Disinformasi

=====

Narasi :

“Jika mukidi menang si Sontoloyo ini cocoknya jadi menteri LGBT alias pemberdayaan laki2 rasa wanita dan wanita rasa laki2 haha…,” posting akun Facebook Bang Uje, Minggu (10/2).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook dengan nama Bang Uje membagikan screenshot berita dari media daring detik.com dengan judul “GRACE NATALIE NYATAKAN SIAP JIKA DI MINTA MENJADI SALAH SATU MENTRI DI KABINET KERJA.” Pada postingan berita tersebut tertera tulisan detiknews dan waktu pemberitaan Senin 28 Januari 2019, 19:24 Wib.

Selain memposting screenshot berita detik.com, akun Facebook Bang Uje juga menuliskan narasi sebagai berikut:

“Jika mukidi menang si Sontoloyo ini cocoknya jadi menteri LGBT alias pemberdayaan laki2 rasa wanita dan wanita rasa laki2 haha…,” posting akun Facebook Bang Uje, Minggu (10/2).

Setelah dilakukan penelusuran, screenshot berita detik.com yang dibagikan oleh akun Facebook Bang Uje adalah hasil editan. Adapun berita asli pada detik.com berjudul “PSI Diduga Otak Indonesia Barokah, Grace Natalie: Saya Bisa Tuntut Andi Arief” yang diberitakan pada Senin 28 januari 2019, 19:24 Wib.

Selain itu, diketahui juga tidak ada Menteri LGBT seperti yang dituliskan oleh akun Facebook Bang Uje dalam Kabinet Kerja Jokowi.

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/banguje.uje.14/posts/405199576914121
2. https://news.detik.com/…/psi-diduga-otak-indonesia-barokah-…
3. https://nasional.kompas.com/…/12…/Presiden.Lantik.34.Menteri
4. https://nasional.kompas.com/…/4-tahun-jokowi-jk-dan-bongkar…
5. https://radarmalang.jawapos.com/portal-berita-diedit-grace…/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/838000639865806/