[SALAH] SMS Dukungan Buat Jokowi di Pilpres 2019

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut dan MUI Medan membantah mengirimkan pesan itu. Mereka menyatakan tetap netral.

======

Kategori : HOAKS / Fabricated Content

======

Sumber : Pesan Singkat (SMS)

Narasi :

“MUI mengajak semua ummat bersatu mendukung Jokowi pada pilpres 2019,”

======

Penjelasan :

Beredar pesan singkat (sms) di wilayah Medan, Sumatera Utara, yang isinya ajakan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019, Senin (11/2).

Pesan itu dikirim dari nomor handphone 08116656010 secara acak ke masyarakat. Namun saat dihubungi, nomor tersebut tidak aktif.

Saat dihubungi, nomor handphone Kartu Halo itu tidak dapat dihubungi. Mesin operator malah meminta penelepon memeriksa kembali nomor tujuan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut dan MUI Medan membantah mengirimkan pesan itu. Mereka menyatakan tetap netral.

Sekretaris MUI Sumut, Ardiansyah, mengatakan, secara kelembagaan pihaknya tidak ada mengeluarkan instruksi apa pun untuk mendukung pasangan calon atau partai politik (parpol) berkaitan dengan Pilpres dan Pileg.

“Ini disampaikan secara resmi oleh Sekjend MUI Pusat melalui rapat resmi dan pesan Whatsapp ke seluruh pengurus MUI yang harus diikuti oleh MUI se-Indonesia, bahwa sampai hari ini saya pastikan tidak ada memberi dukungan pada siapa pun dan wajib untuk netral,” tegas Ardiansyah, Selasa (12/2).

Meski demikian, MUI tidak melarang masing-masing individu untuk memberikan dukungan. “Isi pesan yang menyebar ke warga itu bukan dari MUI,” tegasnya.

Jika ada umat Islam yang mendapatkan pesan berantai seperti itu, bisa klarifikasi terlebih dahulu. “Tidak langsung mempercayai berita yang masuk apakah itu berbentuk tulisan, foto atau potongan video, dan harus ditanyakan ke pihak yang tepat serta memiliki pengetahuan tentang hal tersebut,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Umum MUI Kota Medan M Hatta juga berkomentar serupa. Dia menyatakan, MUI tidak pernah memberi instruksi atau ajakan untuk mendukung calon manapun yang berkaitan dengan Pemilu 2019. “Itu hoax, berita bohong. MUI tetap bersikap independen. Tidak ada instruksi mengatasnamakan lembaga,” tukasnya.

Referensi :

https://www.jawapos.com/…/beredar-sms-dukung-jokowi-mui-med…

http://medan.tribunnews.com/…/tanggapan-mui-soal-pesan-bera…

https://www.merdeka.com/…/cek-fakta-hoaks-sms-dari-mui-ajak…

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller