[SALAH] “Tentara merah RRC di pluit jkt”

Daur ulang pelintiran yang sudah diklarifikasi di 2016, foto yang digunakan di post sumber sebetulnya adalah kegiatan outbound. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2GyYS3k, post oleh akun “Eka” (facebook.com/widyaeka.purti), sudah dibagikan 20 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Tentara merah RRC di pluit jkt ,… Bahaya melanda Negri ku”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Foto yang dibagikan oleh SUMBER adalah adalah kegiatan outbound.
  • Untuk membangun premis, SUMBER menambahkan narasi yang tidak ada hubungannya dengan konteks foto yang sebenarnya.

——

(2) Klarifikasi dari CMNI: “Foto yang ditampilkan berdekatan dengan truk TNI itu adalah juga peserta dari acara kerohanian CMN Indonesia StrongMen yang telah selesai dari kegiatan outbound StrongMen CMNI pada tanggal 8 Oktober silam dan hendak melanjutkan wisata belanja batik di Thamrin Square.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Dg44JA Sekoci Hoaxes: “Klarifikasi dari Christian Men’s Network Indonesia (CMNI) mengenai foto-foto yang beredar dengan klaim “Pasukan Sipit Perawakan Militan …”

——

(2) Klarifikasi selengkapnya dari Christian Men’s Network Indonesia (CMNI):

“Shalom
Saudara yang dikasihi Tuhan,

Beberapa hari belakangan ini merebak berita tentang “pasukan sipit perawakan militan” disertai rekaman suara wanita dan foto peserta kegiatan outbound CMNI yang berdekatan dengan truk TNI

Berita ybs mengkaitkan serangkaian acara kerohanian yang dilakukan oleh CMNI dengan kegiatan dan kejadian lainnya padahal itu TIDAK ADA HUBUNGANnya sama sekali.

Rekaman yang beredar dibuat oleh seorang wanita yang kebetulan berada di MTHS pada tanggal 22 Oktober 2016 tempat diadakannya kelas pembinaan (kami menamakannya KFU – Kelas Follow Up) bagi para peserta yang telah mengikuti outbound CMN lndonesia bernama StrongMen The Next Level.
Pada setiap KFU kami meminta setiap peserta mengenakan pakaian yang diberikan panitia sewaktu outbound sebagai tanda kepesertaan.
Outbound StrongMen digagas sejak tahun 2007 oleh CMN Indonesia yang mengangkat tema besar bagaimana seorang pria berfungsi sebagai ayah dan suami yang tetap tegar di tengah masa-masa sukar mereka dalam keluarga dan pekerjaan.
Materi yang diajarkan di outbound maupun di KFU antara lain sebagai berikut:

  1. berdoa bagi keluarga dan bangsa,
  2. belajar saling membantu kepada saudara-saudara yang ada dalam kesukaran,
  3. memiliki ketabahan hati ketika keluarganya ada dalam masalah dan
  4. bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan rumah tangga.

Pernyataan yang disampaikan oleh wanita tersebut telah menyimpang dan berbeda dengan apa yang sesungguhnya terjadi. Kegiatan KFU StrongMen di MTHS adalah murni acara kerohanian yang diperuntukkan kalangan sendiri dan TIDAK BERKAITAN DENGAN acara pada tanggal 4 seperti yang disampaikan.

Foto yang ditampilkan berdekatan dengan truk TNI itu adalah juga peserta dari acara kerohanian CMN Indonesia StrongMen yang telah selesai dari kegiatan outbound StrongMen CMNI pada tanggal 8 Oktober silam dan hendak melanjutkan wisata belanja batik di Thamrin Square.

Adalah tidak benar mengkaitkan sebuah acara kerohanian CMNI dengan isu politik, atau acara dari pihak lain diluar CMNI apalagi tanpa sebuah klarifikasi. Wanita yang membuat rekaman tersebut dan pengambil gambar tersebut hingga saat ini tidak melakukan klarifikasi kepada CMNI. Sebaliknya, wanita tersebut telah memberikan pernyataan yang meresahkan dan menimbulkan persepsi yang tidak baik.

Berita yang beredar tersebut saat ini telah disampaikan kepada BAIS TNI, dikoordinasikan dan ditangani. Demikian penjelasan dari kami, agar diketahui dan memperjelas kondisi yang sebenarnya.

Ferdy P Panggabean
StrongMen The Next Level CMNI”.

——

(3) [SALAH] “Tentara Cina sudah berada di Indonesia”, post sebelumnya di http://bit.ly/2GjfD3h.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/834351400230730/