[SALAH] 1 minggu kedepan padang hati hati dan waspada gempa 7,6 SR

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah berulang kali menyampaikan bahwa saat ini belum ditemukan teknologi yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

==========================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Menyesatkan
==========================

Sebuah akun atas nama Nicky Mediola ( facebook.com/nicky.rindu.1 ) mengunggah postingan yang berbunyi 
“1 minggu kedepan padang hati hati dan waspada gempa 7,6 SR di dasar laut siberut di kedalaman 10 Km di bawah dasar laut mentawai“

Sumber : https://web.archive.org/web/20190208031836/https://www.facebook.com/nicky.rindu.1/posts/300305884177302

========================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri ternyata tidak ada info resmi yang dikeluarkan oleh BMKG terkait dengan isu tersebut. 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah berulang kali menyampaikan bahwa saat ini belum ditemukan teknologi yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi.

Dalam beberapa kesempatan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa gempa bumi saat ini belum dapat diprediksi kapan akan terjadi. Dwikorita menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada satupun teknologi yang mampu memprediksi gempa bumi secara pasti dan akurat mengenai kapan dan berapa kekuatannya.

Sehingga, jika beredar informasi yang berisi ramalan dan prediksi yang menyebutkan kapan dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi maka dapat dipastikan itu adalah kabar bohong.

REFERENSI :

http://www.bmkg.go.id/press-release

https://kominfo.go.id/content/detail/16211/hoaks-padang-waspada-gempa-76-sr-di-dasar-laut-siberut-di-kedalaman-10-km-di-bawah-dasar-laut-mentawai/0/laporan_isu_hoaks

https://www.antaranews.com/berita/795934/lagi-hoaks-tentang-prediksi-gempa-bumi

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/833385406993996/