[SALAH] Video Viral TNI Akan Tembaki Generasi PKI dan Pemuda-pemudi Kritis

Berdasarkan keterangan pihak TNI terkait, antara lain Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya, akun tersebut bukan milik TNI AD. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.

====================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Salah.
====================

Salah satu unggahan akun Instagram bernama @tni_indonesia_update membuat heboh, ketika menyebut bakal memusnahkan para pemuda dan pemudi kritis, termasuk apa yang disebut generasi PKI baru. Dalam caption unggahan itu, seperti dicatat pada Selasa (5/2/2019) sore, disebutkan: “Sebaiknya para PKI dan generasi PKI baru serta pemuda-pemudi kritis di garis kiri. Dikumpulkan dalam satu gudang kemudian dijadikan sasaran tembak oleh Leopard. Aksi Yonkav 8 Narasingawaratama.”

Sumber https://www.instagram.com/p/BtYK9clByv0/ : [Update: pada Selasa 5 Februari 2019 per pukul 23.45 WIB, unggahan itu ternyata sudah dihapus atau tak ditemukan]

=================

PENJELASAN

Video itu diunggah oleh akun yang menggunakan nama Tentara Nasional Indonesia (TNI), akun yang memiliki centang biru alias terverifikasi oleh Instagram. Namun, berdasar keterangan pihak TNI terkait, antara lain Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya, akun tersebut bukan milik TNI AD. Ia menyebut bahwa akun milik TNI AD di Instagram yang telah terverifikasi adalah @tni_angkatan_darat. Begitu pula Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayjen Sisriadi, juga menegaskan bahwa akun Instagram @tni_indonesia_update itu bukan milik TNI. Selengkapnya baca di referensi.

KESIMPULAN
Akun yang menyebar unggahan kontroversial dan sempat viral tersebut (meski unggahan terkait kini telah dihapus/tidak bisa ditemukan) bukanlah milik TNI AD, atau tidak mewakili kebijakan TNI AD, sehingga kebenaran kontennya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

REFERENSI :

https://www.suara.com/news/2019/02/05/162505/cek-fakta-viral-tni-bakal-tembaki-pemuda-yang-kritik-pemerintah

https://cekfakta.com/focus/1116

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/831766370489233/

About Adi Syafitrah 396 Articles
noob, nerd,