[SALAH] Tulisan Lafadz Allah di Tisu Toilet

Klarifikasi oleh produsen tisu, pola yang dicetak di tisu adalah logo daun Lidah Buaya (Aloe Vera). Berhubungan dengan kondisi psikologis “pareidolia”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Pesan berantai Whatsapp.

======

NARASI

“‘Baru-baru ini saya membeli tisu toilet dari Marks & Spencer dan ketika saya membuka salah satunya, itu memiliki nama Allah, seperti yang Anda lihat. ‘Jadi tolong saudara-saudari, jangan beli tisu toilet khusus ini, atau coba boikot Marks & Spencers, karena setiap tisu toilet memiliki nama Allah di atasnya.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Video SUMBER merekam tisu toilet dengan logo daun Lidah Buaya (Aloe Vera) sambil menyebutkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks asli dari logo yang direkam di video, untuk membangun premis.

——

(2) Beberapa artikel yang berkaitan:

  • METRO(dot)co(dot)uk: “Umat ​​Muslim menyerukan boikot tisu toilet M&S ​​karena ada lambang ‘Allah’ di atasnya”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • Merdeka(dot)com: “Lihat penampakan wajah di gambar ini? Awas gangguan psikologis!”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2sIlDtm METRO(dot)co(dot)uk: “Umat ​​Muslim menyerukan boikot tisu toilet M&S ​​karena ada lambang ‘Allah’ di atasnya

Umat ​​Muslim menyerukan agar orang memboikot jaringan toilet M&S ​​karena diduga bertuliskan kata Arab untuk Tuhan.

Cuplikan yang diambil oleh seorang pria tak dikenal menunjukkan jaringan toilet Aloe Vera 3 lapis dengan lekukan yang dimaksud.

Berbicara di video, pria itu mendesak ‘saudara-saudaranya’ untuk tidak membeli gulungan 2,50 poundsterling karena ‘setiap tisu toilet memiliki nama Allah di atasnya’.

(video)

Tetapi Marks and Spencer membantah klaim tersebut, menanggapi di Twitter untuk mengkonfirmasi bahwa pola tersebut ‘kategorinya dari daun lidah buaya’.

Klip, yang telah dibagikan secara luas selama beberapa hari terakhir, menunjukkan satu gulungan diambil dari paket 2,50 £ dan ditempatkan di atap mobil.

Pria itu berbicara melalui video sambil memperbesar tisu toilet Aloe Vera 3 lapis.

Dia berkata: ‘Baru-baru ini saya membeli tisu toilet dari Marks & Spencer dan ketika saya membuka salah satunya, itu memiliki nama Allah, seperti yang Anda lihat.

‘Jadi tolong saudara-saudari, jangan beli tisu toilet khusus ini, atau coba boikot Marks & Spencers, karena setiap tisu toilet memiliki nama Allah di atasnya.

(foto)
Muslim menyerukan agar orang memboikot tisu toilet M&S ​​karena diduga bertuliskan kata Arab untuk Tuhan (Foto: Tenggat Berita)

‘Terima kasih banyak, silakan bagikan video ini.’

Video ini telah menarik banyak perhatian di media sosial dengan banyak yang mendukung klaim tersebut.

Satu orang berkomentar: ‘#boycottmarksandspencer!’ sementara yang lain berkata: ‘Tidak ada hati, sama sekali tidak ada hati. Kenapa?’

Pengguna YouTube lain berkomentar: ‘Malu pada M&S. Saya tidak pernah berharap M&S tidak terlalu rendah secara moral. Saya mendukung Boikot penuh M&S. ‘

Di Facebook, Samira Akhtar membagikan rekaman beserta keterangannya yang panjang.

(foto)
Cuplikan yang diambil oleh pria tak dikenal menunjukkan tisu toilet Aloe Vera 3 lapis dengan lekukan yang dipermasalahkan (Foto: Tenggat Berita)

Dia berkata: ‘Ini benar-benar menjijikkan dan telah menyebabkan kesal dan kesedihan bagi saya dan banyak orang.

‘Lebih menyedihkan lagi mereka mencoba mengatakan bahwa kata itu sebenarnya merupakan representasi tanaman lidah buaya.

“Saya pasti akan memboikot produk M&S dan mendorong mereka yang percaya produk ini menyebabkan pelanggaran untuk melakukan hal yang sama.”

Petisi yang menuntut toko untuk mengubah polanya sekarang memiliki lebih dari 1.000 tanda tangan.

Musa Ahmed, yang membuat petisi di change.org, mengatakan kertas toilet itu ‘sengaja menghina agama kita’.

(foto)
Umat ​​Muslim mengklaim daun lidah buaya tampak seperti simbol Allah.

Sebuah pos dengan petisi mengatakan: ‘Ini adalah upaya yang sangat lemah dan menyedihkan untuk menghina Islam. Nike melakukan hal serupa pada 1997 ketika mereka menuliskan ‘Allah’ di pelatih mereka, tetapi akhirnya mereka harus menghentikan produksi karena keluhan.

“Saudara-saudari semuanya harus melakukan perubahan, harap tanda tangani petisi ini sehingga M&S dipaksa untuk melepaskan gulungan toilet atau mengubah desain, kita tidak seharusnya mendukung hal ini.”

Namun, beberapa orang berbagi pesan dukungan untuk M&S.

Di Twitter, Amina Jane Ishaq mengatakan: ‘Maaf Anda harus berurusan dengan hal konyol seperti M&S! Lagi-lagi saya malu dengan teman-teman Muslim saya. Saya suka toko Anda dan akan terus berbelanja di sana. ‘

Pengguna YouTube Jason King berkata: ‘Ini disebut pareidolia. Saat itulah otak Anda melihat pola yang tidak benar-benar ada. Misalnya, ketika Anda melihat awan dan itu terlihat seperti kelinci, atau Anda melihat bulan dan melihat wajah.

‘Orang beragama cenderung menderita lebih daripada kebanyakan orang. Mereka melihat wajah Yesus dalam sepotong roti panggang, atau nama Tuhan di atas kertas toilet. Begitu juga orang-orang yang tertarik pada teori konspirasi;

Vanah Abdyl berkomentar, “Itu lekukan karena memegang kertas toilet, idiot.”

Dalam sebuah tweet, M&S merespons dengan mengatakan bahwa mereka telah menyelidiki hal ini dan mengkonfirmasi dengan pemasok mereka.

Sebuah Tweet dari akun resmi mereka mengatakan: “Motif pada tisu toilet lidah buaya, yang telah kami jual selama lebih dari lima tahun, dikategorikan sebagai daun lidah buaya dan kami telah menyelidiki dan mengonfirmasi hal ini dengan pemasok kami.””

——

(2) http://bit.ly/2AXTgMA Merdeka(dot)com: “Lihat penampakan wajah di gambar ini? Awas gangguan psikologis!

Jumat, 11 Agustus 2017 00:01
Reporter : Yoga Tri Priyanto

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com – Ketika kamu melihat langit, kemudian terlintas sebuah bentuk awan yang menyerupai wajah setelah beberapa saat? Hal ini sepertinya terjadi pada setiap orang. Namun tahukah kamu bahwa hal itu adalah pertanda bahwa di diri kamu mengalami gangguan?

Itu akan benar terjadi jika kamu bisa melihat sebentuk wajah saat menatap ke ruang kosong atau beberapa benda lain. Maka kamu mungkin menderita kelainan psikologis yang dikenal dengan nama pareidolia.

Apa itu Pareidolia? Berdasarkan ilmu psikologis, pareidolia adalah fenomena psikologis di mana pikiran merespon stimulus dengan memahami pola yang tidak dikenal dan tidak ada dalam skenario sebenarnya.

Hampir semua orang mengalami pareidolia, namun kebanyakan orang belum pernah mendengarnya. Jadi coba periksa gambar di bawah ini dan pahami keseriusan kondisimu.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Pareidolia juga dikenal sebagai fenomena psikologis di mana para periset mengklaim bahwa pikiran merspon stimulus dengan memahami pola yang tidak dikenal yang sebenarnya tidak ada. Bisa juga dikatakan sebagai persepsi imajiner tentang suatu pola atau makna di mana sebenarnya itu tidak ada.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Jika kamu menemukan sebentuk wajah di batang pohon, atau tekstur tembok, dan di tempat-tempat lainnya, maka kamu harus khawatir. Mengapa harus khawatir?

Pasalnya orang-orang yang dapat melihat sebentuk wajah dalam berbagai kesempatan, berbagai hal, dan berbagai ruang, diyakini memiliki tingkat kecerdasan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak dapat melihatnya.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Akan tetapi kamu tidak perlu takut, karena kondisi ini tidak berbahaya bagi siapa pun. Lain soal jika seseorang selalu melihat sebentuk wajah yang mengerikan atau menakutkan di tiap kesempatan. Bisa jadi orang itu sedang menghadapai berbagai masalah yang menekan jiwanya. Terkadang bisa karena orang itu mengalami kecemasan berlebih.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Para peneliti mengungkapkan bahwa ini merupakan hasil dari kerja otak. Pareidolia terjadi karena salah satu area otak disebut area wajah fusiform kanan yang memang bekerja mengolah wajah yang sebenarnya akan teraktivasi saat orang melihat pola wajah dalam kondisi random.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Uniknya, Pareidolia lebih banyak dialami oleh wanita. Alasan secara pasti belum diketahui.

(foto)
Pola wajah dalam sebuah gambar 2017 Merdeka.com

Besar kemungkinan wanita secara fisik lebih lemah ketimbang pria. Dan ini bisa menjadi alasan mengapa mereka lebih sensitif terhadap rangsangan ‘bermakna’ di dalam suasana yang random sekali pun. Mungkin wanita akan lebih dulu mendeteksi predator saat mereka di hutan ketimbang pria.

Menarik, bukan?

[ega]”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/823812517951285/