[SALAH] “Sudah menyebar didiamkan pula”

Klarifikasi oleh yang bersangkutan, foto tersebut adalah ketika DTKJ (Dewan Transportasi Kota Jakarta) berkunjung ke Vietnam. Selain itu, disinformasi ini adalah daur ulang dari disinformasi di tahun 2017. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) Laporan (mention) oleh pengikut Page MAFINDO.

——

(2) http://bit.ly/2DgNw23, post oleh akun “Fatima Azzahra” (facebook.com/nurlayla.bahar). Sudah dibagikan 13.520 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Sudah menyebar..didiamkan pula..bisa kritik lagi😎”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post SUMBER menggunakan foto yang sudah pernah digunakan untuk bahan disinformasi sebelumnya yang sudah diklarifikasi.
  • Post SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks foto yang sebenarnya, untuk memelintir dan membangun premis.

——

(2) Klarifikasi oleh yang bersangkutan: “… foto-foto saya bersama kawan-kawan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) saat berkunjung ke Vietnam …”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) Salinan klarifikasi selengkapnya: “Kampanyekan saya sebagai anggota komunis adalah sebuah kebodohan dan fitnah. Kampanye tersebut justru akan membuat saya tambah populer.
Wah manusia-manusia bodoh kembali kampanye bodoh soal saya sebagai anggota PKI. Para orang bodoh ini berpikir bisa gunakan foto-foto saya bersama kawan-kawan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) saat berkunjung ke Vietnam jadi alat kampanye anti komunis. Memangnya kalo pake palu arit itu anggota komunis dan PKI? Kaos yang kami gunakan adalah kaos berlogo bendera Vietnam. Saya sudah mendapatkan data orang bodoh yang mencuri dan menyebarkan foto-foto saya ini dari FB saya.
Para orang bodoh ini mencuri semua foto saya ini dari FB pribadi saya. Jadi ini sebuah tindakan pencurian pencemaran nama baik saya. Saya peringatkan kepada para orang bodoh agar menghentikan perilaku mencuri dan menyebarkan foto saya pribadi tanpa izin. Ingat kalian bisa saya laporkan ke polisi melanggar tindak pidana ITE karena mencuri dan menyebarkan fitnah berita tidak benar tentang saya. Hentikan, jika tidak saya akan ambil langkah hukum.
Kawan DTKJ: Aully Grashinta Izzul Waro Musa Emyus Ari Subagyo
Jakarta, 9 Desember 2017
Azas Tigor Nainggolan”.

——

(2) [HOAX] “Indonesia di Penuhi PKI”, post sebelumnya di http://bit.ly/2RW1i23.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/820023028330234/