[SALAH] Kominfo Akan Blokir Game Online

Menurut Ferdinandus, Plt Kepala Biro Humas Kominfo yang akrab disapa Nando, per 31 Desember 2018 lalu Kominfo sebenarnya juga sudah menyatakan bahwa informasi yang beredar tersebut sebagai hoax alias kabar bohong.

================
Kategori : HOAX
================

Sumber : http://bit.ly/2FntNzQ – Akun Ahli Copas Kelas Atas ( facebook.com/Ahli-Copas-Kelas-Atas-2071446153120438/  ) – Sudah dibagikan lebih dari 3760 kali saat screenshot diambil.

================

Muncul rumor sejumlah game akan diblokir di Indonesia. 
Dalam gambar yang beredar itu muncul nama Free Fire, Rules of Survival, Fortnite, Creative Destruction, CrossFire: Legends, Arena of Valor, Point Blank, dan GTA V, selain juga PUBG Mobile dan Mobile Legends. Informasi itu turut menyatakan game-game tersebut akan diblokir pada tanggal 31 Januari 2019 karena dianggap berbau kekerasan. Rumor pemblokiran ini beredar dalam beberapa waktu terakhir. 

====================

PENJELASAN


Menurut Ferdinandus, Plt Kepala Biro Humas Kominfo yang akrab disapa Nando, per 31 Desember 2018 lalu Kominfo sebenarnya juga sudah menyatakan bahwa informasi yang beredar tersebut sebagai hoax alias kabar bohong. Sejauh ini Kominfo pun tidak berencana melakukan pemblokiran game-game tertentu.
“Ini sudah kami stempel hoaks pada 31 Desember 2018. Kementerian Kominfo tidak pernah memblokir ke-10 games tersebut,” ucapnya menegaskan.

Subdit Pengendalian Konten Internet di bawah Diten Aplikasi dan Informatika di Kominfo, merupakan pihak yang turut serta membuat kebijakan blokir internet. Divisi ini tidak pernah mengeluarkan pernyataan untuk blokir konten game seperti itu.
Menkominfo Rudiantara, sejauh ini dalam posisi yang mendukung konten game online di Indonesia, karena dapat menggerakan ekonomi digital, sekaligus menciptakan para gamer profesional yang bisa berlaga di level nasional dan internasional. Rudiantara sendiri beberapa kali ikut bermain Mobile Legends di sejumlah turnamen eSports.


Referensi :

https://inet.detik.com/games-news/d-4378744/pubg-dan-mobile-legends-mau-diblokir-simak-penegasan-kominfo

https://kumparan.com/@kumparantech/hoaxbuster-tidak-benar-kominfo-mau-blokir-pubg-aov-mobile-legends-1547030258476280589

About Adi Syafitrah 310 Articles
noob, nerd,