[SALAH] Ternyata Prabowo Bisa Ngaji

Video tersebut sudah mengalami proses penyuntingan yaitu dengan mengganti suara Prabowo Subianto dengan suara lain. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.

======================
Kategori : DISINFORMASI
======================

Sebuah video yang menampilkan Capres no urut 02, Prabowo Subianto beredar di media sosial. Video itu disebarkan oleh akun Ulin Niam Yusron ( http://facebook.com/ulin.yusron ) di beranda Facebooknya sejak Sabtu pekan lalu, 5 Januari 2019 dengan narasi :

“Ternyata Prabowo Bisa Ngaji… 
Ini buktinya..”

Ketika diputar, berikut isi suara yang keluar saat kita memutar video itu:

“Bismillahirohman nirrohim

Allahuma ini zaman sulit, waini bulan ajaib, ke sana ke sini cari duit, mau pinjam duit kok amat sulit, kawan-kawan pada pelit, kepala sakit pusing melilit, tidur pun sulit, pemasukan sedikit, kepala ini rasanya atit, ada adain rejeki-rejeki dikit, kirimin kirimin amin….”

Sumber : http://bit.ly/2ACTit3 – Sudah dibagikan lebih dari 760 kali saat tangkapan layar diambil.

===========================

PENJELASAN


Dari penelusuran gambar menggunakan Google Image, diketahui bahwa video asli Prabowo Subianto itu pernah dipublikasikan lewat akun resminya di Youtube pada 24 Juli 2014. Dimana saat itu, Prabowo Subianto juga menjadi Capres dengan no urut 1.

Dalam video aslinya, pernyataan yang disampaikan Prabowo Subianto berbeda sama-sekali dengan yang diupload di akun Ulin Niam Yusron  tersebut. Dalam video aslinya, Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H:

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Saya Prabowo Subianto, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin. Semoga saudara-saudara sekeluarga berbahagia pada hari raya ini. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jadi, jika dibandingkan dengan video aslinya, bisa disimpulkan bahwa video Prabowo Subianto yang diedarkan oleh akun Ulin Nian Yusron itu adalah hasil suntingan. 

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=F4BHB16RUls

https://cekfakta.tempo.co/fakta/99/fakta-atau-hoax-benarkah-isi-video-berjudul-prabowo-bisa-ngaji