[SALAH] Hoax adalah Berita yang Tidak Sesuai dengan Kepentingan Penguasa


Hoaks, yang merupakan serapan dari bahasa asing hoax, definisi dari KBBI dan Kamus Oxford, menyebutkan arti hoaks adalah berita bohong. Postingan akun Facebook Neng Renny Satriyo yang mengatakan “Hoax adalah Berita yang Tidak Sesuai dengan Kepentingan Penguasa” adalah tidak benar adanya. Mafindo sendiri mencatat hoaks menyerang Capres Incumbent, Jokowi maupun penantangnya Prabowo Subianto.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :

“Hoax adalah Berita yang Tidak Sesuai dengan Kepentingan Penguasa,” posting akun Facebook Neng Renny Satriyo (@arini.setyowati), Kamis (3/1).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook atas nama Neng Renny Satriyo membuat postingan berupa meme yang bertuliskan “Hoax adalah Berita yang Tidak Sesuai dengan Kepentingan Penguasa,” posting akun @arini.setyowati, Kamis (3/1).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, menurut KBBI, hoaks yang merupakan kata serapan dari bahasa aing hoax, mempunyai arti berita bohong.

Sementara dari penelitian yang berjudul “Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya” karya Christiany Juditha dituliskan pada halaman tiga (3), “Hoax dalam kamus Oxford (2017) diartikan sebagai suatu bentuk penipuan yang tujuannya untuk membuat kelucuan atau membawa bahaya.”

Selain itu, Walsh (2006) dalam bukunya yang berjudul “Sins Against Science, The Scientific Media Hoaxes of Poe, Twain, and Others” menuliskan bahwa istilah hoax sudah ada sejak tahun 1800 awal era revolusi industri di Inggris.

Asal kata hoax diyakini ada sejak ratusan tahun sebelumnya, yakni ‘hocus’ dari mantra ‘hocus pocus’, frasa yang kerap disebut oleh pesulap, serupa ‘sim salabim’.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) sendiri mencatat, hoaks menyerang Calon Presiden (Capres) Incumbent yakni Joko Widodo (Jokowi) maupun penantangnya, Prabowo Subianto.

=====

Kesimpulan:

Akun Facebook @arini.setyowati bisa dikatakan telah keliru mendefinisikan hoaks.

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/arini.setyowati/posts/10213197007944244
2. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hoaks
3.https://nasional.kompas.com/…/kata.hoaks.dan.meme.sudah.ter…
4. https://www.rappler.com/…/…/181912-sketsatorial-apa-itu-hoax
5. https://media.neliti.com/…/261723-hoax-communication-intera…
6. https://www.liputan6.com/…/mafindo-september-52-hoaks-seran…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/813408522325018/