[SALAH] Terjadi Kebakaran di Daerah Rasau Jaya Kalimantan Barat

Debunk ini berisi informasi yang beredar di media sosial perihal terjadinya kebakaran di daerah Rasau Jaya, Kalimantan Barat. namun, setelah tim pemadam kebakaran mendatangi TKP tidak ditemukan adanya tempat yang terbakar. diketahui penelpon tersebut menghubungi damkar setempat sekitar pukul 23.45 WIB ternyata laporan tersebut adalah Hoaks dan tdak ada kejadian kebakaran di wilayah tersebut.

======

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini beredar informasi di media sosial terkait info kebakaran di wilayah Rasau Jaya Kalimantan Barat. namun, Informasi Kebakaran di Rasau Jaya Kubu Raya dinyatakan sebagai informasi bohong (hoaks) yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab.

Akibat dari kebohongan ini, beberapa mobil pemadam kebakaran (damkar) sempat mendatangi lokasi kejadian.

Sirine mobil kebakaran memang sempat terdengar melintas di Jalan Ahmad Yani untuk menuju lokasi kejadian sekitar pukul 23.30WIB. Alhasil, saat mobil damkar tiba di lokasi, tidak ada kebakaran yang terjadi.

Sementara itu, Polresta Pontianak langsung menyelidiki pelaku penyebar informasi hoaks peristiwa kebakaran yang terjadi di Pontianak dan Kubu Raya.

“Memang benar ada informasi yang masuk di group Whatsapp Pemadam Kebakaran Pontianak terkait peristiwa kebakaran di dekat SMP 3 Rasau jaya,”kata Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Kamis (3/1/2019).

Anwar Nasir juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak main-main atau iseng dalam memberikan informasi kebakaran

Terkait informasi hoaks kebakaran di Rasau Jaya, ada pihak Damkar akan membuat laporan, nantinya akan di jerat UU RI No 11 tahun 2008 pasal 28 ayat 1 tentang ITE dengan sanksi pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 6 mliar.

“Karena pihak Damkar juga ada kerugian materil, karena sudah mendatangi TKP dan apalagi ada kendaraan Damkar yang bocor saat perjalanan menuju ke lokasi, maka kita berkomitmen untuk melakukan penyelidikan ini,”tuturnya.

======

REFERENSI:

http://pontianak.tribunnews.com/…/breaking-news-kebarakan-d…
http://pontianak.tribunnews.com/…/polisi-selidiki-informasi…
https://www.facebook.com/Satuan-Pemadam-API-SIAGA-Kab-Kub…/…