[SALAH] “Buat cebong jngn nyinyir trus klo bukti udh d tangn kita klian mu apa”

Selain menggunakan foto distribusi surat suara Pilkada Tangsel tahun 2015, isu yang disebarkan oleh post sumber sudah diperiksa oleh yang terkait yang hasilnya sudah terbukti hoaks. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2SBbQkr, post oleh akun “Kos Lap” (facebook.com/aba.pertiwi), sudah dibagikan 28.926 per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Buat cebong jngn nyinyir trus klo bukti udh d tangn kita klian mu apa klian jual saya bOrong buat saudar”ku rapatkan barisan jngn d kasi kendor dn buat alumni 212 pantau trus smpek pilpres selesai insa ALLAH kemenangn ada d tangan kita amin YAROBBAL alamin 😘 😘 😘 😘 😘”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: β€œKonten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post SUMBER membagikan foto peristiwa tahun 2015.
  • Untuk membangun premis, post SUMBER menambahkan narasi yang tidak ada hubungannya dengan konteks asli dari foto yang digunakan.

β€œKonten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

  • Post SUMBER membagikan isu yang sudah terbukti hoaks.

——

(2) Salah satu sumber gambar,TRIBUNnews(dot)com @ 22 Nov 2015: “Surat Suara Pilkada Tangsel Gelombang Pertama Tiba”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

——

(3) Post sebelumnya mengenai isu kontainer surat suara, FAFHH: [SALAH] “Kontainer surat suara yang sudah dicoblos”, selengkapnya di http://bit.ly/2F7kKD7.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2GS7WSQ, TRIBUNnews(dot)com: “Pilkada Tangsel

Surat Suara Pilkada Tangsel Gelombang Pertama Tiba

Minggu, 22 November 2015 21:01

(foto)
Warta Kota/Banu Adikara
Surat suara tiba ke gudang logistik KPU Tangsel, Minggu (22/11).

WARTA KOTA, TANGERANG – Surat suara untuk proses pemilihan suara Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2015 akhirnya tiba. Pengiriman ini adalah gelombang pertama dari dua kali proses pengiriman.

Surat suara diantar oleh satu truk kontainer besar dari Sidoarjo pada Sabtu (21/11) kemarin, dan tiba di gudang logistik pada Minggu petang pukul 14.30.

Ratusan ribu surat suara yang tiba langsung disimpan di dalam gudang logistik KPU Kota Tangsel, yakni di GOR Pondok Aren.

(foto)

Ketua KPU Kota Tangsel, Mohamad Subhan saat ditemui di lokasi mengatakan, surat suara yang sudah dikirim ada sebanyak 679.000 lembar.

“Dikemas dalam kurang lebih 600 kardus. Gelombang ke dua akan segera menyusul dikirim Senin (23/11) siang, dan diperkirakan tiba disini pada Selasa (24/11), ” kata Subhan.

Subhan mengatakan, proses pelipatan surat suara sendiri akan segera dilakukan setelah surat suara gelombang ke dua tiba di gudang logistik.

“Proses pelipatan surat suara dan penyortiran akan berlangsung paling lama empat hari. Bila sudah selesai, akan segera diditribusikan ke seluruh TPS di Kota Tangsel, ” kata Subhan.

Pihak KPU Kota Tangsel sendiri, kata Subhan, akan ikut mengamankan surat suara yang sudah dikirim bersama anggota kepolisian.

“Ada 10 anggota KPU Kota Tangsel yang akan ikut berjaga di gudang untuk mengamankan surat suara,” kata Subhan lagi.

Total surat suara sendiri sesuai daftar pemilih tetap sendiri ada sebanyak 938. 245 lembar, dengan tambahan 2.000 surat suara cadangan. (Banu Adikara)

Penulis: Banu Adikara
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/811437885855415/