[SALAH] Koalisi PKI – P

Meme yang disebarkan akun Facebook Jemmy Potabuga Makodumpit yang bertuliskan “PKI – P” dengan melampirkan logo partai PDIP, Perindo, PSI dan NasDem serta foto Megawati, Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah tidak benar adanya atau hoaks. Partai dan ketiga tokoh tersebut sebelumnya telah menyatakan tidak ada hubungannya dengan PKI dan tidak merasa dimanfaatkan.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Hoaks

=====

Narasi :

“Koalisi PKI – P,” tulis akun Facebook Jemmy Potabuga Mokodompit yang dibagikan akun Facebook Joko Anas, Selasa (1/1).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook atas nama Jemmy Potabuga Mokodompit membuat postingan berupa meme yang bertuliskan “Koalisi PKI – P” yang di dalamnya terdapat gambar logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Perindo, PSI dan NasDem. Ditambah juga terdapat foto Megawati Soekarnoputri yang dituliskan sebagai “Bos”, kemudian Joko Widodo (Jokowi) yang dituliskan sebagai “Staf” dan Ma’ruf Amin yang ditulis sebagai “Umpan”.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, diketahui partai dan figur yang terdapat dalam meme tersebut telah membantah isu PKI dan disebut dimanfaatkan.

Seperti Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri telah membantah bahwa partainya terkait dengan PKI. Ia menyatakan partai yang dipimpinnya berideologi Pancasila.

“Enak saja PKI sekarang turun ke PDI Perjuangan, opo toh PKI itu? Sampai saya bilang PKI itu nama, bukan singkatan. Lah partai saya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ideologi kami adalah Pancasila,” kata Mega, Minggu (7/1/2018).

Sementara Presiden Jokowi mengatakan dirinya tidak berhubungan dengan PKI dan bukan anggota PKI. Menurutnya PKI dibubarkan pada tahun 1965, sedangkan dirinya lahir pada 1961.

“Apa ada PKI balita? Cara berpolitik seperti itu harus dihentikan, itu merusak cara kita dalam berdemokrasi dan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Jokowi, Jumat (7/12/2018).

Untuk Calon Wakil Presiden (Cawapres), Ma’ruf Amin yang dikatakan sebagai alat, juga sudah dibantah langsung. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif tersebut menyatakan, anggapan dirinya sebagai alat adalah isu yang kejam.

“Ada yang bilang Kiai Ma’ruf ini hanya sebagai alat saja, ini isu yang kejam. Berarti Pak Jokowi dituduh memperalat saya. Masa Rais Aam (PBNU) bisa jadi alat, itu jangan didengar,” kata Ma’ruf, Senin (22/10/2018).

Untuk Partai Perindo melalui AD/ART nya pada Pasal 2 tentang AZAS dituliskan “Partai PERINDO berasaskan Pancasila.” Dan pada Bab V terkait Tujuan dan Fungsi di Pasal 8 Ayat 1 dituliskan “Mempertahankan dan mengamalkan Pancasila serta menegakan UUD 1945.”

PSI yang dihubungkan dengan PKI juga telah dibantah oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia ( PSI) Raja Juli Antoni. Pihaknya melaporkan lima akun media sosial yang menyebutkan partainya memiliki keterkaitan dengan PKI.

“Jadi pada hari ini kami dari Partai Solidaritas Indonesia mendatangi Bareskrim untuk melaporkan sebuah fitnahan yang keji terhadap partai kami, di Instagram dan Twitter disebutkan bahwa PSI itu adalah Partai Komunis, bahwa PSI itu adalah reinkarnasi PKI. ini sekali lagi adalah fitnah yang kejam, bahwa sesungguhnya bahwa PSI adalah anak muda yang fresh, dan tidak ada hubungannya dengan konflik ideologis pada tahun 1965,” ujar Raja Selasa (26/9/2017).
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga mengatakan ideologi Pancasila ialah alat pemersatu perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Untuk itu, katanya, NasDem tidak hanya berusaha untuk memenangi pemilu serentak atau menjadi tiga besar, tetapi juga harus menyadari akan adanya ancaman perpecahan.

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/groups/173152240093025/permalink/438325896908990/
2. http://www.tribunnews.com/…/pdip-disamakan-dengan-pki-megaw…
3. http://wartakota.tribunnews.com/…/jokowi-ada-sembilan-juta-…
4. https://www.idntimes.com/…/disebut-sebagai-alat-politik-jok…
5. https://perindolampung.files.wordpress.com/…/1-ad-art-parta…
6. https://news.okezone.com/…/dituduh-identik-dengan-pki-petin…
7. http://mediaindonesia.com/…/199149-kader-nasdem-wajib-menja…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/810975165901687/