[SALAH] BMKG PREDIKSI TSUNAMI AKAN TERJANG BENGKULU

 

Postingan ini berisi penjelasan terkait informasi yang tersebar melalui pesan berantai WhatsApp, bahwa BMKG telah mengeluarkan peringatan bahwa Bengkulu diprediksi akan terkena bencana tsunami. Namun hal tersebut mendapat bantahan langsung dari pihak terkait.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: HOAKS

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Info dari BMKG besok diprediksi Bengkulu akan tsunami Tanggal 26 Desember 2018…

Tadi aku abis dari pantai, air pantai lah mulai surut hampur ke tengah-tengah laut…

Siap-siap ajo untuk warga kota Bengkulu…
Ino bias terjadi sewaktu-waktu, bias sore ini malam nanti tengah malam atau besok pagi.

===

PENJELASAN: Beredar luas melalui pesan berantai WhatsApp, jika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan informasi kepada masyarakat bahwa mereka memprediksi akan terjadi tsunami di wilayah Bengkulu.

Melansir dari okezone.com, PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah menjelaskan jika informasi yang menyebut Bengkulu akan diterjang gelombang tsunami pada Rabu 26 Desember 2018, merupakan informasi palsu yang disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Kami tidak pernah mengeluarkan statement terkait informasi Bengkulu akan dilanda gempa dan tsunami. Informasi yang beredar di jejaring social tersebut adalah informasi hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Sabar menambahkan jika gelombang tsunami dipicu adanya gempa berkekuatan besar atau kuat. Sementara di Bengkulu belum ada aktivitas gempa besar yang memicu gelombang tsunami. Bahkan gempa tidak dapat di prediksi kapan akan terjadi, begitu juga dengan besaran kekuatan gempa tersebut.

Sabar juga menjelaskan jika hingga saat ini, wilayah Bengkulu belum terjadi aktivitas gempa bumi. Sabar juga menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti mengikuti arahan BPBD dan BMKG, serta tidak terpancing isu yang tidak memiliki kejelasan sumber

===

REFERENSI:

https://news.okezone.com/…/bmkg-tsunami-akan-terjang-bengku…