[SALAH] Metro TV Sebut Kegiatan Parade Harmoni Ternate adalah Dalam Rangka Menyambut Natal

Kegiatan Harmoni Ternate, Maluku Utara (Malut) diselenggarakan bukan dalam rangka menyambut Natal 25 Desember mendatang. Dikutip dari antaranews.com, rri.co.id, rmol.co dan Panitia Acara Hari Jadi Ternate (HJT), acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Ternate ke 768.

=====

Sumber: Metro TV

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :

1. “Pemirsa, Warga Ternate, Maluku Utara mempunyai cara tersendiri dalam menyambut Hari Raya Natal, mereka menggelar Festival Kebudayaan Ternate Harmoni yang melibatkan semua unsur umat agama di Ternate,” diucapkan oleh Presenter Metro TV.

2. “Jelang perayaan Natal yang Jatuh tangal 25 Desember mendatang, warga Ternate menggelar Festival Kebudayaan Ternate Harmoni. Ribuan warga dari beberapa golongan mengikuti festival dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer yang diawali dari halaman kantor wali kota dan berakhir di Masjid Kesultanan Ternate. Sepanjang perjalanan, setiap rumah ibadah dari berbagai agama menjadi tempat persinggahan Selain memeriahkan Natal, festival ini sekaligus menjadi pengingat akan kehidupan damai antar umat beragama di Ternate yang telah berjalan sejak zaman dahulu kala. Dengan kehidupan bergama yang rukun dan tingkat toleransi yang tinggi di Ternate, setiap umat beragama pun bisa menjalankan ritual keagamaan dengan leluasa. Setelah berpawai bersama, kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan nota kesepemahaman, sebagai bentuk toleransi antar umat beragama di Ternate,” dibacakan oleh Voice Over.

=====

Penjelasan:
Pemberitaan Stasiun Televisi Metro TV yang inti isinya menyebut Festival Kebudayaan Ternate Harmoni adalah dalam rangka menyambut Hari Natal 25 Desember mendatang menjadi kontroversi di media sosial. Pasalnya pemberitaan di beberapa media dan keterangan dari panitia acara mengatakan Festival Kebudayaan Ternate diselenggarakan guna memperingati Hari Jadi Ternate (HJT) ke 768.

Dikutip dari antaranews.com dengan berita yang berjudul “Ribuan warga ikuti Parade Ternate Harmoni” dituliskan bahwa Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar Parade Harmoni Ternate 2018, sebagai rangkaian peringatan HJT ke 768 dengan melibatkan ribuan orang sebagai wujud bentuk semangat untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman di Ternate, Selasa (18/12) mengatakan festival itu digelar karena Ternate punya masa lalu dalam membangun kekerabatan dan hubungan antaretnis, agama, suku, budaya.

Dia menambahkan sejak dulu hingga kini Ternate memiliki nama kampong seperti, Kampung Sarani, Kampung Makassar, Kampung Falajawa, Kampung Palembang, sehingga itu membuktikan kalau masyarakat Ternate sejak masa lampau punya silaturahmi yang tinggi. “Dan nyaman untuk semua catatan sejarah masa lalu yang gemilang dan ternate cinta damai,” kata Wali Kota, Burhan.

Selain itu, pada rri.co.id, Ketua Panitia Hari Jadi Kota Ternate ke 768, Sutopo Abdullah mengatakan Karnaval keberagaman ini melibatkan Forkompinda, para pemuka agama dan masyarakat umum lainnya.

Intinya kegiatan karnaval ini ingin mengambarkan keberagaman di Ternate sudah ada sejak sekian lama dan masih terjaga dengan baik oleh generasi saat ini.

Sedangkan pada media rmol.co terdapat berita yang berjudul “Metro TV Ditegur Panitia Hari Jadi Ternate.” Pada berita tersebut dituliskan, protes dilayangkan Panitia HJT ke 768 dalam sepucuk surat bernomor 17/B-Panpel-HJT/2018 tertanggal 21 Desember 2018.

Di dalam surat tersebut Panitia HJT ke 768 meminta Metro TV mengklarifikasi kekeliruan dalam pemberitaan mengenai kegiatan Parade Harmoni Ternate yang merupakan kegiatan HJT ke 768. Di dalam berita tersebut, pihak Metro TV mengatakan bahwa parade dilakukan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Kami meminta klarifikasi kepada redaksi Metro TV agar segera melakukan koreksi dengan menayangkan kembali kegiatan Parade Harmoni dalam rangka Hari Jadi Ternate ke 768 dengan menyebutkan sebagai kegiatan menyambut Hari Jadi Ternate 768,” tulis Panitia HJT ke 768.

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua Panitia Sutopo Abdullah (NIP. 19810123200501100) dan Sekretaris Panitia M. Saifularsyad (NIP. 19690417199703008).

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/metrotv/videos/562774267527968/
2. https://www.facebook.com/mridha.ajam/posts/1136931496480565
3. https://www.antaranews.com/…/ribuan-warga-ikuti-parade-tern…
4.http://rri.co.id/…/karnaval_ternate_harmoni_warnai_hari_jad…
5. https://nusantara.rmol.co/…/Metro-TV-Ditegur-Panitia-Hari-J…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/803708813294989/