[SALAH] SMS Bencana Akhir Tahun Yang Dikeluarkan BMKG

Debunk ini berisi bantahan dari BMKG terkait sms yang beredar di masyarakat mengenai bencana akhir tahun yang akan menimpa Indonesia mulai dari tanggal 21 desember hingga akhir tahun 2018. menanggapi hal tersebut BMKG melalui akun twitternya menegaskan bahwa informasi tersebut adalah Hoaks.

======

[KATEGORI]: HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

“Perhatian kepada warga Indonesia supaya tanggal 21 sampai akhir bulan Desember supaya senantiasa waspada karena akan ada bencana yang akan menimpa negara Indonesia. Hal ini telah disampaikan oleh anggota BMKG supaya selalu berhati-hati”.

[PENJELASAN]:

Baru-baru ini beredar sebuah screenshot pesan sms yang bernada himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk waspada karena mulai tanggal 21 desember hingga akhir tahun akan terjadi bencana.

seorang warganet memposting screenshot sms tersebut kepada akun twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menanyakan kebenaran informasi itu.

“Halooo… @infoBMKG, saya dapat SS pesan ini dari adik sepupu saya. Apa benar ada anggota dari BMKG menyampaikan info seperti itu? Berhubung di Lombok masih sering terjadi gempa, sms – sms seperti ini meresahkan. Mohon penjelasannya. Terimakasih,” ujar pemilik akun @Mentiks.

BMKG pun segera menanggapinya dan menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar alias HOAKS.

“Abaikan saja. SMS itu jones yang minta ditemenin sendirian. Silahkan beraktivitas seperti biasanya dek. Gunakan waktu libur panjangnya untuk bersilaturahmi dan jalan-jalan dengan kawan dan gebetan”.

======

REFERENSI:

http://jogja.tribunnews.com/2018/12/22/bmkg-sms-tentang-bencana-pada-akhir-tahun-hoaks