[BENAR] Klarifikasi Garuda Indonesia Soal Pesawatnya yang Dikatakan Tergelincir di Bandara Adisucipto

Dikabarkan pesawatnya yang bernomor penerbangan GA210 tergelincir saat mendarat di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, pihak Garuda Indonesia memberikan klarifikasinya. Senior Manager Public Relations Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menyatakan bahwa pesawat itu tidak tergelincir namun hanya mengalami over run atau berhenti melebihi garis batas runway sejauh tiga meter saja. “Kalau tergelincir itu kan bablas ke rumput atau tanah,” kata Ikhsan.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Dikabarkan bahwa pesawatnya yang bernomor penerbangan GA210 tergelincir saat mendarat di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, pihak Garuda Indonesia memberikan klarifikasinya. Senior Manager Public Relations Garuda Indonesia Ikhsan Rosan membantah kalau pesawat tersebut tergelincir.

 

Ikhsan mengatakan, pesawat tersebut hanya mengalami over run atau berhenti melebihi garis batas runway sejauh tiga meter saja. “Kalau tergelincir itu kan bablas ke rumput atau tanah,” kata Ikhsan.

 

Selain itu, Ikhsan menjelaskan, pesawat dengan nomor registrasi PK-GFY itu masih berhenti di aspal keras di dalam area runway. Ikhsan juga mengatakan, setelah mendarat, pilot meminta pesawat untuk dibawa ke apron bandara.

 

Di sana, pesawat diperiksa oleh teknisi dan ternyata tidak ada kerusakan apapun. Teknisi kemudian memberi izin kepada pesawat untuk kembali beroperasi dan pesawat kembali terbang meninggalkan Bandara Adisucipto pada hari itu juga.

 

Kejadian tersebut nyatanya tidak mengganggu jadwal penerbangan di Bandara Adisucipto. Hal itu dikonfirmasi oleh General Manager Bandara Adisucipto, Agus Pandu Purnama. Ia menyebutkan bahwa kejadian pesawat Garuda Indonesia itu tidak menyebabkan gangguan pada jadwal penerbangan hari minggu (25/11). Selain itu, petugas Angkasa Pura 1 sudah mengecek landasan tempat pesawat mendarat dan tidak ditemukan adanya kerusakan.

 

“Tidak ditemukan kerusakan di area landasan,” ujarnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/787308081601729/

https://www.tabloidbintang.com/berita/peristiwa/read/117332/pesawatnya-yang-dikabarkan-tergelincir-ini-klarifikasi-garuda-indonesia

https://bisnis.tempo.co/read/1149830/garuda-indonesia-klarifikasi-soal-pesawatnya-yang-tergelincir

https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00233605.html