[SALAH] Meme dan Video Mahfud MD Mendukung Prabowo – Sandi di Pilpres 2019

Ketua MK 2008 – 2013, Mahfud MD membantah meme dan video yang tersebar di media sosial yang isinya seakan dirinya mendukung Capres dan Cawapres Prabowo – Sandi di Pilpres 2019. “Itu tahun 2014, bro”, kata Mahfud, seperti dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (13/11/2018).

“Sepanjang dikaitkan dengan Pillres 2019, meme dan video tersebut hoaks yang sempurna”, kata Mahfud.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :
“Saya mendukung Prabowo Subianto, karena Indonesia saat ini butuh pemimpin yang tegas dan ikhlas untuk mengangkat rakyat dari keterpurukan.”

=====

Penjelasan:
Setelah kabar bohong yang menyebutkan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indah Parawansa mendukung pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres),Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, kini muncul kabar serupa yang menyebut Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) 2008 – 2013, Mahfud MD mendukung Prabowo – Sandi.

Kabar Mahfud mendukung Prabowo – Sandi beredar di media sosial dalam bentuk meme dan potongan video. Pada bentuk meme, tertera foto Prabowo – Sandi dan Mahfud MD dengan inti pesan Mahfud mendukung Prabowo – Sandi untuk mengangkat rakyat dari keterpurukan. Berikut narasi lengkap dari meme tersebut.

“Saya mendukung Prabowo Subianto, karena Indonesia saat ini butuh pemimpin yang tegas dan ikhlas untuk mengangkat rakyat dari keterpurukan.”

Sedangkan pada video, merupakan potongan dimana Mahfud memaparkan tiga kelebihan yang dimiliki oleh Prabowo – Sandi. Seperti kecerdasan, ketegasan, berpengalaman dan mempunyai fisik yang menarik atau ganteng.

Menanggapi hal tersebut, menurut Mahfud, narasi pada meme itu mungkin dipalsukan dari keramaian Pilpres 2014. “Itu tahun 2014, bro”, kata Mahfud, seperti dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (13/11/2018).

Sedangkan video yang dipotong dari wawancaranya di sebuah stasiun televisi, menurut Mahfud waktu itu oleh anchor Wahyu Muryadi, Mahfud diminta menyebut tiga kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan Jokowi – Ma’ruf dan pasangan Prabowo – Sandi.

Mahfud lantas menyebut masing-masimg tiga kelebihan dan kekurangan pasangan Jokowi – Ma’ruf dan pasangan Prabowo – Sandi. Tapi oleh pembuat viral video itu yang dimuat hanya tiga kelebihan Prabowo – Sandi.

Padahal di dalamnya ada juga tiga kelebihan Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin dan tiga kekurangannya masing-masing. “Itu kan tebak – tebakan ringan, bercanda, dan spontan. Bukan dukung – mendukung”, kata Mahfud.

Dalam acara itu Mahfud memang tampil penuh gelak tawa bersama pembawa acara Wahyu Muryadi.

“Sepanjang dikaitkan dengan Pilpres 2019, meme dan video tersebut hoaks yang sempurna”, kata Mahfud.

=====

Referensi:
1. https://twitter.com/bundaraya111/status/1062496652408188928
2. https://news.okezone.com/…/mahfud-md-tertawakan-meme-dan-vi…
3. http://batam.tribunnews.com/…/muncul-meme-dukung-prabowo-sa…