[BENAR] Klarifikasi Pertamina Perihal Lowongan Kerja RDMP RU V di Balikpapan

Atas beredarnya surat edaran berkop Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang berisikan informasi lowongan kerja di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) RU V di Balikpapan, Pertamina pun berikan klarifikasi. Procurement and General Support Pertamina RDMP, Widodo Tri Rahardjo, menegaskan pihaknya tidak pernah bekerja sama dengan KSPSI untuk menerima karyawan baru. “Mengenai edaran yang beredar tersebut bukan resmi dari Pertamina sehingga Pertamina RDMP tidak bertanggungjawab terhadap isi edaran tersebut,” ujarnya.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Beredar foto surat berkop Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang berisikan informasi lowongan kerja di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) RU V di Balikpapan. Dalam surat itu diinfokan bahwa RDMP RU V membutuhkan pekerja berusia 18 hingga 45 tahun untuk menjadi tenaga kerja di proyek tersebut.

 

Atas beredarnya surat tersebut, pihak PT. Pertamina pun berikan klarifikasi. Dilansir dari prokal.co dan tribunnews.com, Procurement and General Support Pertamina RDMP, Widodo Tri Rahardjo, menegaskan pihaknya tidak pernah bekerja sama dengan KSPSI untuk menerima karyawan baru.

 

“Mengenai edaran yang beredar tersebut bukan resmi dari Pertamina sehingga Pertamina RDMP tidak bertanggungjawab terhadap isi edaran tersebut,” ujarnya.

 

Widodo menjelaskan, setiap lowongan resmi dari Pertamina selalu dimuat di media resmi, baik cetak maupun website resmi Pertamina. Selain itu, Widodo menambahkan, untuk konfirmasi perihal informasi terkait Pertamina juga bisa menghubungi call center Pertamina. “Pengumuman resmi Pertamina juga dapat dikonfirmasi dengan menghubungi call center Pertamina,” kata Widodo.

 

Widodo menjelaskan, pihaknya akan terus mempelajari kasus ini. “ Kalau laporan ke polisi kami belum kepikiran sampai situ. Tapi kami akan konsultasi dengan pihak legal Pertamina soal ini,” terangnya.

 

Senada dengan Widodo, Manager Communication & CSR Pertamina Region Kalimantan, Yudi Nugraha, membantah perihal isi surat lowongan pekerjaan di RDMP RU V Balikpapan. Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan informasi mengenai rekrutmen karyawan Pertamina di RDMP RU V Balikpapan.

 

“Dari RU V sampai saat ini belum ada mengeluarkan surat mengenai rekrutmen karyawan Pertamina,” ungkapnya.

 

Ia juga menegaskan, Pertamina tidak pernah menginformasikan tentang lowongan kerja melalui surat seperti yang beredar saat ini. “Kalo kami akan melaksanakan pembukaan lowongan melalui media massa atau melalui BLK (Balai Latihan Kerja),” pungkasnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/778903452442192/

http://news.prokal.co/read/news/3314-dipastikan-hoax-rdmp-tak-akui-surat-rekrutmen-karyawan-rdmp-ru-v-balikpapan.html

http://news.prokal.co/read/news/3313-soal-surat-rekrutmen-karyawan-rdmp-ru-v-ini-penjelasan-dari-pertamina.html

http://kaltim.tribunnews.com/2018/11/12/pertamina-sebut-tak-bertanggung-jawab-atas-beredarnya-surat-tentang-lowongan-kerja