[SALAH] PT Pertamina Rekrut Pegawai Baru dan Adakan Program Beasiswa

Debunk ini berisi bantahan dari informasi hoaks mengenai info yang menyebutkan bahwa PT Pertamina mengadakan rekrutmen pegawai baru dan mengadakan program beasiswa. Dikonfirmasi dari akun twitter resmi milik Pertamina dikatakan bahwa info tersebuit adalah penipuan Informasi resmi hanya melalui website Pertamina atau Contact Pertamina 1 500 000.

======

[KATEGORI]: HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Beberapa waktu yang lalu beredar informasi di media sosial perihal rekrutmen pegawai tahun 2018 yang mengatasnamakan PT Pertamina (Persero).

Tak hanya itu, beredar juga informasi mengenai beasiswa bagi para pelajar, baik siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi.

Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita menegaskan informasi tersebut hoaks.

Informasi pertama mengenai rekrutmen pegawai PT Pertamina (Persero). Dalam informasi itu disebutkan pula persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, posisi yang dibuka, fasilitas yang akan diperoleh, dan beberapa berkas yang harus dilengkapi.

Surat lamaran dan seluruh berkas yang ditentukan dikirim ke alamat e-mail recruitmen.pertaminapersero@asia.com. Pengiriman tersebut paling lambat Minggu (18/11/2018).

Dalam informasi tersebut ada 25 posisi yang dibutuhkan. Fasilitas yang nantinya diperoleh seperti jamsostek, bonus bulanan, rentang penghasilan, uang makan, uang transport, serta fasilitas lainnya.

Informasi kedua berisi mengenai pengumuman bahwa PT Pertamina akan memberikan beasiswa kepada pelajar sebesar Rp 2.500.000 per semester selama 4 tahun.

Manager External Communication PT Pertamina Arya Dwi Paramita menegaskan informasi tersebut tidak benar.

“Kalau yang itu sudah murni hoaks. Pengumuman itu tidak benar,” kata Arya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/11/2018). Arya mengatakan, pihaknya telah mengonfirmasi ke bagian terkait mengenai kabar tersebut.

“Kami sudah cek ke bagian Pertamina Foundation, ke teman-teman CSR itu tidak ada,” ujarnya. Ia menambahkan, seluruh informasi yang resmi dari PT Pertamina akan disampaikan melalui situs resmi. Masyarakat jika ingin mengonfirmasi kabar yang diterima dapat menghubungi kontak Pertamina 1500-000.

PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi yang sumbernya tidak berasal dari situs resmi mereka melalui akun resmi Twitter PT Pertamina, @pertamina.

======

REFERENSI:

https://nasional.kompas.com/…/hoaks-pt-pertamina-rekrut-peg…

https://twitter.com/pertamina/status/1059416963091390467/…/1