[BENAR] Klarifikasi BPN Prabowo-Sandi Terkait Isu Penunjukkan Hotman Paris Hutapea Sebagai Pengacara Timses

Direktur Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan, pihaknya tidak merekrut Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara tim pemenangan. “Dari tim Prabowo-Sandi, saya sebagai Direktur Advokasi memastikan bahwa kami tidak melakukan perekrutan,” ujarnya.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Atas isu yang dilayangkan oleh Yusril Ihza Mahendra atas telah dipilihnya Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, pihak BPN Prabowo-Sandi angkat bicara. Dilansir dari antaranews.com, merdeka.com, cnnindonesia.com, dan suara.com, Direktur Advokasi dan Hukum BPN (BPN) Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan bahwa pihaknya tidak merekrut Hotman Paris Hutapea sebagai pengacara tim pemenangan.

 

“Dari tim Prabowo-Sandi, saya sebagai Direktur Advokasi memastikan bahwa kami tidak melakukan perekrutan,” ujarnya.

 

Sufmi pun menjelaskan, setahu dirinya, Hotman sudah lama menjadi pengacara di beberapa perusahaan milik Hasyim Djojohadikusumo yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Karena itu, menurutnya, hubungan Hotman tidak menyangkut politik, hanya sebatas profesional.

 

“Memang kalau urusan bisnis, Pak Hashim terutama dan Pak Prabowo memang adalah klien dari Pak Hotman Paris Hutapea,” kata Sufmi.

 

Sufmi mengklaim bahwa di kubu Prabowo-Sandi ada pengacara profesional yang tidak dibayar. “Kalau di pihak sana ada Yusril sebagai profesional, di koalisi Prabowo-Sandi ada banyak pengacara profesional yang tidak dibayar,” ungkapnya.

 

Selain Sufmi, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Azhar Simanjuntak, pun membantah bila pihak BPN sudah menunjuk Hotman sebagai pengacara timses. Ia menegaskan, sampai saat ini Hotman belum ditunjuk sebagai kuasa hukum capres dan cawapresnya.

 

“Tidak. Saya belum mendengar kabar itu. Tim hukum kita ada advokat-advokat muda yang bekerja secara sukarela,” kata Dahnil yang dikutp dari merdeka.com.

 

Hotman Paris Hutapea pun memberikan bantahan serupa. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya bukan pengacara tim pemenangan Prabowo-Sandi. “Enggak (menjadi pengacara Prabowo-Sandi), aku netral,” ucap Hotman.

 

Selain itu, ia memastikan pula bahwa sejauh ini tidak ada komunikasi dengan pihak Prabowo-Sandi. “Enggak ada,” ujarnya.

 

Hotman pun berkelakar bahwa isu telah ditunjuknya ia sebagai pengacara tim Prabowo-Sandi merupakan risiko dirinya sebagai orang terkenal. “Enggak ada. Risiko orang terkenal,” pungkasnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/775012589497945/

https://www.antaranews.com/berita/765432/bpn-prabowo-sandi-tidak-rekrut-hotman-paris

https://www.merdeka.com/politik/timses-bantah-hotman-paris-jadi-pengacara-prabowo-sandi.html

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181106094120-32-344279/tim-prabowo-sebut-punya-banyak-pengacara-tak-dibayar

https://www.suara.com/news/2018/11/05/192548/yusril-sebut-hotman-paris-jadi-pengacara-prabowo-ini-kata-timses

https://www.timesindonesia.co.id/read/188712/20181105/221107/yusril-merapat-ke-jokowi-hotman-bantah-jadi-penasehat-hukum-duet-prabowosandi/

https://www.tagar.id/hotman-paris-hutapea-bantah-jadi-kuasa-hukum-prabowosandiaga

https://www.merdeka.com/peristiwa/hotman-paris-bantah-gabung-tim-prabowo-risiko-orang-terkenal.html

https://nasional.kontan.co.id/news/hotman-paris-membantah-kabar-jadi-pengacaranya-prabowo-sandiaga-uno