[SALAH] “Tolong Bela Boyolali Yo Mas”

Video yang digunakan oleh post sumber sudah di-post sebelum peristiwa “Tampang Boyolali”, bukan setelahnya, sehingga dari konteks waktu tidak tepat. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2D3eQkz, post ke grup “Prabowo Presiden RI 2019” (facebook.com/groups/126916477900626) oleh akun “Rudy Hadisaputra” (facebook.com/rudy.hadisaputra), sudah dibagikan 33 kali per tangkapan layar dibuat.

Dibagikan juga di:

* http://bit.ly/2qv9EhS, grup “Sahabat Ustadz Abdul Somad,Lc,MA, Hanan Attaki, Lc & Adi Hidayat,Lc.MA” (facebook.com/groups/1361156984003271), sudah dibagikan 266 kali per tangkapan layar dibuat.

* http://bit.ly/2ALLSnG, grup “GERAKAN 2019 GANTI PRESIDENT” (facebook.com/groups/1023488111142308), sudah dibagikan 149 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Tolong Bela Boyolali Yo Mas…. πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜ƒπŸ˜‚
Jangan2 uangnya juga hasil Korupsi…. πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜„
dan Entah rakyat dari mana yg mereka bawa2 dengan puluhan bus tsbt… πŸ˜„πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜ƒ

KOPLAK KOPLAK.. πŸ˜πŸ˜„”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: β€œKonten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Dari konteks waktu tidak tepat karena video yang digunakan sudah di-post sebelum peristiwa “Tampang Boyolali”, bukan setelahnya, dan bukan untuk membayar pembela/pendemo seperti premis yang ingin dibangun oleh post sumber.

——

(2) http://bit.ly/2Omzyhi, salah satu sumber video. Post ke Facebook per 5 Sep 2018.

——

(3) Mobimoto @ 6 Sep 2018: “Jadi ternyata cewek cantik itu adalah juragan bus dan juga pemilik toko grosir di kotanya. Sebagai rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah bekerja dengannya, dirinya kemudian bagi-bagi uang.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(4) CNN Indonesia @ 3 Nov 2018: “Kondisi Ekonomi ‘Tampang Boyolali’ Guyonan Capres Prabowo”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2zq7p3q, Mobimoto: “Cewek Cantik Bagi-Bagi Uang di Bus, Kenapa Ya?

Bidadari tak bersayap ada di bus Kota Batu, Malang.
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita Kamis, 06 September 2018 | 20:15

(foto)
Cewek cantik bagi-bagi uang di bus. (Facebook/Donie Bus Pariwisata)

Mobimoto.com – Tak melulu masalah tilang, pungli atau balap liar. Dunia otomotif mendapat penyegaran lewat aksi seorang wanita di dalam bus. Sudah cantik baik hati pula.

Sebuah video yang menggambarkan kebaikan hati cewek cantik ini diunggah akun Facebook Donie Bus Pariwisata pada Rabu (5/9). Video tersebut pun cukup membuat para cowok ngiler.

Ketiban untung bagi mereka yang bertemu cewek cantik bagai bidadari tak bersayap ini. Dari video yang tersebar wanita tersebut memakai baju blaster dan memiliki rambut pirang.

Dia duduk di dashboard bus dekat pintu depan. Dengan ceria dia membagikan lembaran uang Rp 100 ribu kepada banyak orang yang silih berganti turun dari bus.

Orang yang menerima uang tersebut pun tak kalah sumringah dan menyampaikan terima kasihnya.

(foto)
Cewek cantik bagi-bagi uang di bus. (Facebook/Donie Bus Pariwisata)

Saat lembaran uang dalam genggaman cewek cantik itu habis, dia kemudian mengambil uang lagi. Kemudian dia membagikannya lagi kepada mereka yang belum kebagian.

Aksi cewek cantik berhati malaikat ini terjadi di Kota Batu, Malang. Berdasarkan caption yang ditulis dalam unggahan, cewek cantik itu sengaja membagikan uang kepada karyawan, driver dan crewnya.

Jadi ternyata cewek cantik itu adalah juragan bus dan juga pemilik toko grosir di kotanya. Sebagai rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah bekerja dengannya, dirinya kemudian bagi-bagi uang.

Netizen yang melihat video cewek cantik bagi-bagi duit pun turut memberikan komentar bernada pujian cenderung iri seperti berikut.

”Idola ku,” tulis Arjuna Andara.

”Aseekkk…Tetap fokus ngger,” tulis Hamam Alwy.

Simak videonya berikut ini.

(video di http://bit.ly/2Omzyhi).

——

(2) http://bit.ly/2SM6pzl, CNN Indonesia: “Kondisi Ekonomi ‘Tampang Boyolali’ Guyonan Capres Prabowo

CNN Indonesia | Sabtu, 03/11/2018 13:17 WIB

(foto)
Calon Presiden Prabowo Subianto. (Dok. Tim Prabowo Subianto).

Jakarta, CNN Indonesia — Calon Presiden Prabowo Subianto dilaporkan seorang warga Boyolali bernama Dakun (47 tahun) kadena merasa tersinggung dan terhina atas ucapan Calon Presiden Prabowo soal ‘tampang Boyolali’.

Dalam pidatonya saat kampanye di depan peserta yang hadir di acara peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di Boyolali, Jawa Tengah, Prabowo melontarkan candaan bahwa ‘Tampang Boyolali’ mungkin tak pernah memasuki hotel mewah di Jakarta.

“Kalian kalau masuk mungkin kalian diusir karena tampang kalian tidak tampang orang kaya. Tampang kalian, ya, tampang-tampang Boyolali ini,” Prabowo mengatakan diiringi tawa hadirin.

Saat itu, konteks pidato Prabowo terkait dengan kemiskinan di Indonesia. Namun bagaimana sebenarnya gambaran perekonomian di daerah tersebut?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Boyolali didorong oleh lima kategori lapangan usaha, di antaranya industri pengolahan, pertanian, kehutanan, konstruksi dan jasa, perdagangan besar dan eceran.

Pada tahun lalu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Boyolali tercatat sebesar Rp20,17 triliun. Angka ini naik dari Rp19,11 triliun.

Sementara PDRB per kapita atau pendapatan per penduduk Boyolali pada 2017 mencapai Rp29,4 juta atau sekitar Rp2,5 juta per bulan. Angka ini memang lebih rendah dibanding rata-rata pendapatan penduduk per kapita yang mencapai Rp51,89 juta atau Rp4,32 juta per bulan.

Boyolali merupakan salah satu daerah produsen susu terbesar. Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Boyolali pada 2013, jumlah sapi perah di wilayah tersebut sebanyak 88.430 ekor dengan produksi susu 46.96 juta liter per tahun atau rata-rata per hari 130.296 liter.

Produksi susu di daerah ini juga di olah menjadi produk lainnya, seperti yogurt, keju, dodol susu, hingga sabun susu. Jumlah produksi 10.24 juta kg per tahun dengan cakupan pemasaran hingga Jakarta dan Surabaya.

(agi/bir)”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/774356762896861/

https://web.facebook.com/aribowosasmito/videos/10157076762988217/