[SALAH] Istri Indro Warkop Meninggal Karena Menjadi Perokok Pasif

Melalui akun instagramnya (@indrowarkop_asli), Indro Warkop meluruskan meme “Kebodohan Terbesar yang Pernah Saya Lakukan Adalah Merokok” yang kemudian dikaitkan dengan kematian istrinya sebagai perokok pasif merupakan informasi keliru. Sebab, pria bernama lengkap Indrodjojo Kusumonegoro menyatakan bahwa ia sudah berhenti merokok sejak 1998. Adapun, Nita Octobijanthy, istri Indro, berdasarkan pengakuan anaknya, yakni Hada Kusumonegoro, tervonis kanker pada tahun 2017.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/groups/persatuanbetawi/permalink/2283725884971159/

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=289740481634003&set=a.108804263060960&type=3

https://www.facebook.com/2163515903934801/photos/a.2163519917267733/2318608268425563/?type=3&theater

 

 

=====

 

Narasi:

 

(1) Istrinya meninggal karena mengidap kanker paru..

Almh bukan perokok aktif..

Almh terpapar asap rokok..

Yg memicu sel2 kanker tumbuh di paru2 nya…

 

Sayangi dirimu..

Sayangi keluargamu..

Jgn merasa tenang krn kamu merokok diluaran.. bukan di dalam rumah.. bukan dekat anak2mu…

Jangan merasa tenang!

 

Krn ketika kamu pulang.. kamu tetap membawa racun2 yg menempel dalam baju mu..

 

Ketika kamu pulang..

Kamu peluk anakmu

Kmu peluk istrimu

 

Tetap saja racun racun dlm rokokmu

Terisap oleh org2 yg kamu sayangi…

 

(2) “Saat itu saya melihat anak saya yg paling kecil bermain rokok-rokokan. Saya lgsng berpikir, jangan2 anak sy nantinya merokok nih. Jadi takut, soalnya meski sy suka merokok, sy tdk suka melihat orang merokok”

 

“Istri saya meninggal karena kanker paru-paru”.

 

“Kebodohan Terbesar yang Pernah Saya Lakukan adalah MEROKOK”

 

Kenapa perokok pasif (org yg tdk merokok & sering terkena paparan asap rokok) itu lebih berbahaya daripada yg perokok aktif? Karena asapnya kan mengarah ke orang lain, bukan dihisap sendiri

 

(3) Indro Warkop: Merokok, Kebodohan Terbesar Saya .

.

Istri komedian Indro Warkop, Nita Octobijanthy, meninggal dunia pada Selasa (9/10/2018) pukul 20:22 WIB setelah lama menderita kanker paru.

.

Salah satu yang kerap dianggap sebagai pemicunya adalah rokok, baik itu berakibat pada perokok itu sendiri atau pada orang-orang yang berada di sekitar perokok tersebut yang dikenal sebagai perokok pasif.

.

Tentu saja kita tidak bisa mengetahui pasti penyebab dari kanker paru yang diderita Nita sebelum dirinya meninggal.

.

Namun, tak sedikit yang menduga bahwa sosok Indro yang dulu sangat gemar merokok menjadi penyebabnya.

.

Indro sendiri sudah berhenti merokok selama sekitar 19 tahun. Namun, selama 30 tahun sebelumnya dia merupakan perokok berat: lima bungkus rokok habis dihisapnya dalam satu hari.

.

“Merokok adalah kebodohan terbesar dalam hidup saya,” ujar Indro (30/5/2008) seperti dilansir dari kompas.

.

Almh bukan perokok aktif. Almh terpapar asap rokok yg kemungkinan memicu sel-sel kanker tumbuh di paru-parunya.

.

Sayangi dirimu, sayangi keluargamu. Jangan merasa tenang karena kamu merokok diluaran, bukan di dalam rumah, bukan dekat anak-anakmu. Jangan merasa tenang!

.

Karena ketika kamu pulang, kamu tetap membawa racun-racun yang menempel dalam bajumu..

.

Ketika kamu pulang, kamu peluk anakmu, kamu peluk istrimu. Tetap saja racun racun dalam rokokmu terisap oleh orang-orang yang kamu sayangi…

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Meme yang menampilkan wajah pelawak kawakan Indro Warkop berserta quote “Kebodohan Terbesar yang Pernah Saya Lakukan Adalah Merokok” marak beredar di media sosial. Quote dalam meme itu pun dikaitkan dengan kematian dari istri Indro, yakni Nita Octobijanthy, sebagai perokok pasif dan terkena kanker lantaran kebiasaan merokok dari Indro.

 

Atas beredarnya meme dan asumsi itu, melalui akun instagramnya (@indrowarkop_asli), Indro Warkop meluruskan bahwa meme “Kebodohan Terbesar yang Pernah Saya Lakukan Adalah Merokok” yang kemudian dikaitkan dengan kematian istrinya sebagai perokok pasif merupakan informasi keliru.

 

Dalam video klarifikasinya, Indro mengatakan bahwa dirinya sudah berhenti merokok sejak 1998 dan foto-foto serta quote-quote dalam meme tersebut sudah ada sejak kisaran tahun 2010/2011. “Aku berhenti merokok tahun 1998. Banyaknya foto-foto dan quote-quote itu di sekitar tahun 2010/2011. Jadi itu bukan baru (muncul),” ujarnya dalam video klarifikasinya.

 

Selain itu, pria bernama asli Indrodjojo Kusumonegoro menjelaskan ada hal yang tidak benar, yakni istrinya merupakan perokok sampai dengan ketahuan bahwa dirinya mengidap kanker paru-paru. “Sementara yang dikaitkan dengan istriku, ada satu hal yang gak benar. Istriku adalah perokok sampai dengan ketahuan (mengidap kanker). Ia pun berhenti merokok. Jadi bukan perokok pasif,” terangnya.

 

Indro mengimbau bagi yang ingin mempromosikan gerakan anti merokok dengan menggunakan meme yang telah viral itu harusnya melakukan pengecekkan terlebih dahulu. “Tetap support untuk bisa berhenti merokok semuanya. Tapi tolong, bagi yang mau bikin atau mempromosikan (gerakan stop merokok) katakanlah, kalau boleh, cek en ricek ke orangnya. Jangan kemudian menjadi hoaks,” pungkasnya.

 

Perihal meme itu juga membuat anak Indro dan Nita, Hada Kusumonegoro, angkat bicara. Dilansir dari grid.id, Hada menjelaskan bahwa ayahnya berhenti merokok pada tahun 1998. “Papaku itu berhenti merokok tahun 1998, dia sakit jantung dan dioperasi bypass tahun 2005,” ungkap Hada.

 

Lalu, menurut Hada, pernyataan yang kemudian dikutip menjadi quote dalam meme tersebut dinyatakan dan beredar pada tahun 2010. “Terus dia bikin statement yang beredar itu di tahun 2010,” lanjutnya.

 

Hada menjelaskan, pernyataan itu dibuat semata-mata sebagai bentuk ajakan berhenti merokok, bukan penyesalan karena sang istri menjadi perokok pasif atau penyebab sang istri terkena kanker. “Setelah bikin statement di tahun 2010, kalau memang dia mau mengajak banyak orang untuk stop merokok dengan pengalamannya, ya itu hal baik dari seorang Indro Warkop aja, gitu,” terang Hada.

 

Ia juga menambahkan, sakitnya Nita, ibunya, tidak ada hubungannya dengan ayahnya yang merupakan perokok atau mantan perokok dan ibunya itu divonis kanker pada tahun 2017. “Jadi sakitnya mami itu nggak ada hubungannya dengan papaku perokok atau mantan perokok. Mami merokok sampai dengan dia divonis cancer tahun 2017,” kata Hada.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/770419596623911/

https://www.instagram.com/p/Bpa31a7hpfw/?taken-by=indrowarkop_asli

http://www.grid.id/read/04964740/istri-indro-warkop-nita-octobijanthy-disebut-terkena-kanker-karena-hirup-asap-rokok-suami-sang-putri-mami-perokok-aktif?page=all