[SALAH] SURAT PEMANGGILAN KAPOLRI JENDERAL TITO KARNAVIAN OLEH KPK

 

Postingan ini berisi klarifikasi yang disampaikan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi dan juga pihak Kepolisian, bahwa surat panggilan KPK terhadap Jenderal Tito Karnavian adalah palsu alias hoaks.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI : HOAKS

===

SUMBER : MEDIA DARING

===

NARASI :

(Surat pemanggilan yang seolah dibuat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Narasi yang terdapat dalam surat bisa dilihat pada gambar yang sudah diunggah.)

===

PENJELASAN : Media sosial dihebohkan dengan beredarnya foto yang seolah berisi sebuah surat pemanggilan KPK yang ditujukan terhadap Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dalam surat tersebut, Kapolri disebutkan terlibat tindak pidana korupsi penerimaan suap petinggi CV Sumber Laut Perkasa yang menyeret Basuki Hariman dan Patrialis Akbar, saat menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Melansir dari cnnindonesia.com, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dengan tegas menyatakan bahwa surat pemanggilan terhadap Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Tito Karnavian adalah palsu alias hoaks. Terkait hal ini, Agus menyebut jika pihaknya akan bekerja sama mengungkap kasus pembuatan penyebaran surat palsu ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabiro Humas KPK Febri Diansyah yang dengan tegas membantah surat tersebut dan menyatakan jika surat tersebut adalah palsu alias hoaks.

“Surat itu tidak benar. Penomorannya keliru, tanda tangan dan stempel juga salah dan KPK tidak pernah mengeluarkan surat tersebut,” pungkas febri.

Tak hanya pihak KPK, pihak Kepolisian pun turut membantah beredarnya surat tersebut. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto juga memastikan jika foto surat tersebut adalah palsu alias hoaks. Setyo mentatakan pihaknya sudah mengecek dan mengkonfirmasi kepada KPK terkait surat tersebut.

Atas kejadian ini, Irjen Setyo menegaskan jika Direktorat Cyber Crime Mabes Polri akan mencari tahu siapa pembuat dan penyebar surat palsu tersebut.

===

REFERENSI :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181026111109-12-341589/kpk-dan-polri-buru-penyebar-hoaks-surat-pemanggilan-tito?fbclid=IwAR3AQ74YhZ8L1SGHtLEC_bCjgEJ-W2nX0Q0AYbLxg0TzeoGJFsef9u_6Jjk

https://www.liputan6.com/news/read/3676920/beredar-surat-kpk-panggil-jenderal-tito-karnavian-polri-itu-palsu?

https://news.detik.com/berita/4273869/beredar-surat-pemanggilan-jenderal-tito-kpk-hoax

https://nasional.tempo.co/read/1140056/polda-metro-jaya-periksa-pegawai-kpk-bagian-barang-bukti