[SALAH] TERJADI BENTROKAN ORMAS DI CIKARANG, GIBAS VS PP

 

Postingan ini berisi klarifikasi pihak kepolisian mengenai beredarnya informasi yang menyebut bahwa telah terjadi bentrokan antara dua ormas yakni Pemuda Pancasila atau PP dengan Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi atau Gibas. Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, informasi yang terdapat dalam pesan berantai ataupun media sosial itu tidak sesuai dengan fakta.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL dan PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI :

Info penting

Ass.muallaikum tuk bapak2 bagi yang melewati kawasan mm2100 harap berhati hati hari ini mau ada perang antara ormas gibas dan ormas pemuda pancasila besar besaran trimakasih🙏🙏🙏

skrng pemuda pancasila sdg berkumpul di Plaza Metropolitan tambun

===

PENJELASAN : Beredar kabar di media sosial yang menyebut terjadinya bentrokan antar ormas Pemuda Pancasila atau PP dengan Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi atau Gibas di Kawasan MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dalam pesan yang beredar warga dihimbau untuk tidak melewati wilayah tersebut. Bahkan terdapat narasi yang menyebut jika pasukan PP telah menunggu di Plaza Metropolitan Tambun.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi yang disampaikan dalam pesan tersebut tidaklah sesuai dengan fakta yang ada. Melansir dari kompas.com, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Candra Sukma Kumara menyatakan jika kabar tersebut tidaklah benar.

Candra mengungkapkan bahwa ormas PP memang berencana melakukan unjuk rasa di Kawasan MM2100. Namun berhubung kawasan tersebut merupakan objek vital nasional, maka pihak kepolisian pun akhirnya membubarkan massa. Candra menambahkan hanya ormas PP saja yang melakukan unjuk rasa, dan tidak ada bentrokan dengan ormas lainnya.

Engga ada, hanya PP saja. Itu pun mereka hanya melintas saja. Mereka kumpul jam 10 dan sudah kami himbau mereka. Tadi jam 12 sudah pulang ke rumah masing-masing,” pungkasnya.

===

REFERENSI :

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/23/17535571/polisi-pastikan-kabar-bentrokan-ormas-di-cikarang-hoaks

https://news.okezone.com/read/2018/10/23/338/1968062/beredar-kabar-bentrokan-2-ormas-di-bekasi-polisi-itu-hoaks

http://kaltim.tribunnews.com/2018/10/23/polisi-pastikan-hoaks-kabar-bentrok-antara-massa-ormas-gibas-dan-pp-di-cikarang

https://gobekasi.pojoksatu.id/2017/01/13/tidak-ada-bentrok-antar-ormas-di-cikarang-selatan/?fbclid=IwAR2DscPJhwLuHOD4jldez34077tgP-eCvdqZvzBN-RDcWEWI2D8mi79P_5g