[SALAH] “Kasih tau yang lain bre :) saling mengingatkan”

Daur ulang disinformasi yang pernah beredar di 2016, “Penularan virus HIV tidak semudah itu, apalagi dengan perantara buah. Virus HIV hanya dapat ditularkan bila cairan tubuh penderita HIV masuk ke dalam tubuh.” Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2R0nUdy, post oleh Page “Cahaya SURGA” (facebook.com/CAHAYASYURGAINDAH), sudah dibagikan 121.503 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Kasih tau yang lain bre 🙂 saling mengingatkan”

“Jika anda melihat buah-buahan yg d dlam’y mengandung warna aneh merah di dalamnya, tidak usah d makan karena sekelompok orang menyuntik buah dengan darah yang mengandung hiv dan aids dengan tujuan membunuh jutaan orang di seluruh dunia , itu adalah satanisme. So, tlg d share k teman2 lainnya”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Untuk membangun premis “HIV ditularkan melalui darah yang disuntikkan”, post sumber menyebutkan yang di dalam buah adalah darah padahal sebetulnya jamur yang tidak berbahaya. Selain itu, Virus HIV hanya dapat ditularkan bila cairan tubuh penderita HIV masuk ke dalam tubuh dengan cara kontak langsung.

——

(2) Beberapa artikel yang membahas,

* klikdokter(dot)com: “Jeruk Disuntikkan Darah Penderita HIV, Hoaks atau Fakta?”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
* Canadian Food Inspection Agency: “Jamur merah di dalam pisang”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.
* Hoax-Slayer: “Peringatan Hoaks ‘Pisang Disuntik Dengan HIV'”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2ED6zpN, klikdokter(dot)com: “Jeruk Disuntikkan Darah Penderita HIV, Hoaks atau Fakta?

(avatar)
dr. Dyah Novita Anggraini
17 Mei 2017, 11:50 WIB

Apakah benar jeruk yang disuntikkan virus HIV beredar di pasar?

(foto)
Jeruk Disuntikkan Darah Penderita HIV, Hoaks atau Fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Baru-baru ini, beredar berita menghebohkan terkait jeruk yang disuntikkan darah penderita HIV. Ada-ada saja, bukan?

Dalam salah satu gambar, tampak bagian daging buah jeruk yang berwarna kemerahan. Disebutkan bahwa jeruk-jeruk tersebut datang dari Libia. Orang-orang diharapkan untuk waspada karena buah telah disuntikkan dengan virus HIV.

Anda tidak perlu khawatir. Berita ini adalah hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Penularan virus HIV tidak semudah itu, apalagi dengan perantara buah. Virus HIV hanya dapat ditularkan bila cairan tubuh penderita HIV masuk ke dalam tubuh.

Cairan tubuh yang dapat menularkan virus HIV, antara lain semen, darah, sekresi vagina atau serviks, dan air susu. Selain itu, cairan tubuh penderita HIV akan menginfeksi tubuh orang lain dengan cara kontak langsung.

Secara jelas, penelitian juga menunjukkan bahwa virus HIV tidak menular melalui alat makan, toilet, kolam renang, udara, dan gigitan nyamuk atau serangga. Di samping itu, virus HIV tidak dapat bertahan hidup lama di luar tubuh penderita.

Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan berita beredarnya jeruk yang disuntikkan darah penderita HIV. Selama Anda menghindari cara penularan virus HIV dan tetap menjaga kesehatan tubuh, maka Anda akan terhindar dari infeksi HIV.

[RS/ RH]”.

——

(2) Canadian Food Inspection Agency: “Jamur merah di dalam pisang

(foto)

Ada berbagai penyakit tanaman yang dapat menyebabkan bagian dalam pisang untuk mengambil warna merah. Perubahan warna ini telah menyebabkan klaim palsu pisang yang mengandung darah.

Nigrospora adalah penyakit jamur yang menyebabkan pusat pisang berubah menjadi merah gelap. Nigrospora dapat menginfeksi buah di iklim tropis di mana pisang ditanam.

Mokillo, moko, dan bakteri penyakit darah adalah penyakit bakteri yang juga dapat menyebabkan perubahan warna merah pada pisang.

Meskipun tidak menarik untuk dimakan, penyakit yang menyerang pisang ini tidak mengancam kesehatan manusia, namun ketika ragu, buang atau jadikan kompos.”

(Google Translate Chrome Extension dengan penyesuaian seperlunya, tautan ke bahasa asli (English): http://bit.ly/2R1Er0K).

——

(3) Hoax-Slayer: “Peringatan Hoaks ‘Pisang Disuntik Dengan HIV’

ditulis oleh Brett M. Christensen 11 Februari 2016

(foto)

Garis besar:
Pesan peringatan yang beredar mengklaim bahwa orang-orang menyuntikkan darah yang terinfeksi HIV ke pisang sehingga Anda tidak boleh makan pisang yang mengandung warna merah di dalamnya. Satu versi, yang disajikan sebagai laporan ‘breaking news’ dari CNN, mengklaim bahwa pisang di toko Oklahoma Walmart telah dinyatakan positif terinfeksi HIV. Versi lain mengklaim bahwa kontaminasi yang diduga adalah karya para setan.

Analisis Singkat:
Klaim dalam pesan tidak benar. Pesan-pesan itu hanya tipuan tak masuk akal tanpa dasar fakta. Berbagi peringatan yang tidak masuk akal ini tidak akan membantu siapa pun.

Contoh:
(foto tangkapan layar)

Contoh:
(foto tangkapan layar)

Contoh:
(foto tangkapan layar)

Contoh:
(foto tangkapan layar)

Analisis Detil:
Menurut pesan peringatan yang beredar melalui media sosial dan berbagai laporan berita palsu, orang-orang menyuntikkan darah yang terinfeksi HIV ke pisang sehingga Anda tidak boleh makan pisang yang mengandung warna merah di dalamnya. Dalam satu versi, otoritas kesehatan telah menemukan bahwa sekitar satu juta pisang yang berasal dari Guatemala telah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi HIV.

Pesan aslinya dalam bahasa Spanyol. Namun, ada juga beberapa versi bahasa Inggris yang telah diterjemahkan dengan buruk dari bahasa Spanyol asli. Beberapa pesan termasuk gambar yang diduga menggambarkan darah yang disuntikkan ke pisang.

Versi lain mengklaim bahwa Setanis menyuntikkan darah yang terinfeksi HIV ke dalam “buah” dengan tujuan membunuh jutaan orang di seluruh dunia. Namun, pesan itu hanya hoax yang tidak masuk akal. Tidak ada laporan berita terpercaya atau otoritas kesehatan yang mengkonfirmasi klaim dalam pesan dengan cara apa pun. Jika masalah kontaminasi besar itu benar, outlet berita di seluruh dunia akan meliputnya secara luas. Dan, tentu saja, akan ada peringatan kesehatan resmi pemerintah untuk orang-orang di daerah yang berpotensi terkena dampak.

Versi yang lebih baru, yang disajikan sebagai laporan ‘breaking news’ dari CNN, mengklaim bahwa pisang di toko Oklahoma Walmart telah dinyatakan positif terinfeksi HIV. Pesan itu menampilkan foto pisang dengan warna merah di salah satu ujungnya. Tapi, versi ini juga salah. Laporan palsu berasal dari situs web berita palsu, yang, terlepas dari nama dan logo, sama sekali tidak terkait dengan CNN.

Dan, dalam hal apapun, klaim tidak memiliki kredibilitas ilmiah sama sekali. HIV tidak hidup lama di luar tubuh. Baik paparan udara dan asam lambung membunuh virus. Oleh karena itu, bahkan jika pisang telah disuntik dengan darah dari seseorang yang positif HIV, hampir tidak ada kemungkinan bahwa seseorang yang kemudian memakan salah satu pisang akan terinfeksi.

Dalam artikel tentang penularan HIV, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mencatat :

Anda tidak dapat tertular HIV dari mengonsumsi makanan yang ditangani oleh orang yang terinfeksi HIV. Bahkan jika makanan mengandung sedikit darah atau air mani yang terinfeksi HIV, paparan udara, panas dari memasak, dan asam lambung akan menghancurkan virus.

Meskipun sangat jarang, HIV dapat disebarkan dengan makan makanan yang telah dikunyah sebelumnya oleh orang yang terinfeksi HIV. Kontaminasi terjadi ketika darah yang terinfeksi dari mulut pengasuh bercampur dengan makanan saat mengunyah. Satu-satunya kasus yang diketahui adalah di antara bayi.

Peringatan palsu hanya merupakan versi terbaru dari peringatan sebelumnya dan sama tidak masuk akal yang secara salah mengklaim bahwa jeruk dari Libya sedang disuntik dengan darah yang terinfeksi HIV . Bahkan, ada sejumlah hoax internet yang mengklaim bahwa berbagai jenis makanan dan minuman telah terkontaminasi dengan HIV.

Berbagi omong kosong semacam itu tidak lain dari menyebarkan ketakutan dan alarm dan menambah banyak mitos dan kesalahpahaman tentang AIDS dan HIV. Jika Anda menerima salah satu pesan peringatan palsu ini, jangan bagikan dengan orang lain. Dan pastikan Anda membiarkan pengirim asli tahu bahwa klaim dalam pesan itu tidak benar.”

(Google Translate Chrome Extension dengan penyesuaian seperlunya, tautan ke bahasa asli (English): http://bit.ly/2PKMUpd).

——

(4) [HOAX] “Satanisme Buah Disuntik Darah Mengandung HIV”, post sebelumnya di http://bit.ly/2Ak8lbf.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/765573223775215/