[SALAH] “Hewan Peliharaan Dajjal”

Bangkai yang terdampar yang dibahas oleh post sumber sebetulnya adalah bangkai satwa laut besar yang sudah terdekomposisi (membusuk), didefinisikan sebagai “Globster”. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2R0EEBk, post oleh Page “Ustad Abdul Somad” (facebook.com/ustadabdulsomad), sudah dibagikan 36.594 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(3) http://bit.ly/2CWJRaL, post oleh kanal “inidia misteripedia” (youtube.com/channel/UCM6NKqCSnHTz1WXVwCSm1NQ).

======

NARASI

“GEGER! Inikah Hewan Peliharaan Dajjal? Sudah Terdampar di Pantai Filipina”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Bukan “hewan peliharaan Dajjal” seperti klaim post sumber (klaim yang di judul dibungkus sebagai pertanyaan). Bangkai yang terdampar, didefinisikan sebagai “Globster”, adalah bangkai satwa laut besar yang sudah terdekomposisi (membusuk), dan yang diklaim sebagai “bulu” sebetulnya adalah serat otot.

——

(2) Beberapa media yang membahas,

* Mongabay: “Terjawab, Makhluk Putih Berbulu yang Terdampar di Pantai Filipina”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI
* Liputan6: “Misteri Monster Berbulu Putih yang Terdampar di Pantai Filipina”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI
* National Geographic: “Mysterious “Hairy Blob” Washed Up on Philippines Beach”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

——

(3) Page sumber post belum atau tidak terverifikasi, sikapi informasi ini dengan bijak.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2P5dyMr, Mongabay: “Terjawab, Makhluk Putih Berbulu yang Terdampar di Pantai Filipina

oleh Akhyari Hananto di 2 March 2017

(foto)

Foto-foto misterius makhluk berbulu lebat yang terdampar di pantai Filipina membuat heboh jagad sosial media.Dampaknya, ribuan orang berhamburan datang ke pantai Cagdainao, Kepulauan Dinagat, untuk mengabadikan makhluk tidak lazin tersebut.

Sebagaimana unggahan Mio Lungsod Nan Cagdianao (tautan ke https://www.facebook.com/photo.php?fbid=177559816075518&set=pcb.177575112740655&type=3&theater) dalam akun Facebook-nya, pada 22 Februari 2017, makhluk ini memang berpenampilan aneh. Ukurannya besar, mirip paus, dengan panjang sekitar empat meter.

Di bagian atas tubuhnya ada semacam duri tajam yang diselimuti bulu putih seperti domba. Banyak yang bingung apakah tentang makhluk itu, atau merupakan bagian wajah dari ikan mengerikan, sehingga warga memanggilnya ikan monster. Atau, hanya sampah lautan.

(foto)
Beberapa makhluk laut yang aneh sebelumnya juga terdampar di kepulauan ini. Sumber: Facebook/Mio Lungsod Nan Cagdianao

Beberapa makhluk laut yang aneh sebelumnya juga terdampar di kepulauan itu memicu kekhawatiran akan datangnya gempa di daerah tersebut. Masyarakat meyakini, makhluk-makhluk laut tersebut membawa pertanda bencana.

Makhluk sejenis itu pernah terdampar di Margate, Afrika Selatan, pada 25 Oktober 1924 dan dijuluki Trunko atau ‘globster’. Istilah teknik dari ahli hewan asing, yang didefinisikan sebagai ‘bagian massa organik yang tersapu dari laut atau sumber air lainnya’. Namun, penemuan ini ternyata tidak semisterius yang dibayangkan.

(foto)
Bangkai satwa laut besar ini sudah mengalami fasi akhir dekomposisi yang membuatnya tampak tak lazim. Sumber: Mio Lungsod Nan Cagdianao

“Jelas, ini adalah bangkai satwa laut besar yang sudah mengalami fasi akhir dekomposisi” kata Lucy Babey, Kepala bidang Science and Conservationdi Orca, organisasi yang bergerak dibidang konservasi sebagaimana diberitakan BBC.

“Bangkai tersebut diyakini manatee atau dugong,” terang Babey. Akan tetapi ilmuwan dari pemerintah lokal di Cagdainao, Filipina meyakini bahwa bangka tersebut adalah karkas dari paus yang sudah mati dua minggu sebelumnya.Pemerintah setempat menduga dari paus sperma, tapi karena karkasnya sudah sangat terdekomposisi, uji DNA atau test tulang diperlukan untuk memastikannya. Sementara itu, “rambut”putih yang tergerai berasal dari serat-serat ototnya.

(video, tautan ke https://www.facebook.com/lungsod.cagdianao/videos/177568466074653/)

Mayoritas mamalia laut (teks ditautkan ke https://news.nationalgeographic.com/2017/02/blob-globster-whale-philippines/) yang mati di laut tidak akan tersapu ke pantai. Namun karena gempa 6.7 SR yang beberapa waktu lalu mengguncang pulau tersebut, secara mengejutkan membuat makhluk laut terdampar.

Belum lama ini, seekor oarfish, makhluk laut yang biasanya ditemukan di kawasan mesopelagik di kedalaman 300 meter di bawah laut, terdampar di Carmen, Agusan Del Norte. Makhluk ini juga mengundang kehebohan karena menurut kepercayaan masyarakat setempat, kehadirannya bisa mengundang bencana. (Berbagai sumber)”.

——

(2) http://bit.ly/2yqHWHr, Liputan6: “Misteri Monster Berbulu Putih yang Terdampar di Pantai Filipina

Arie Mega PrastiwiArie Mega Prastiwi
24 Feb 2017, 12:00 WIB

(foto)
Misteri Makhluk Berbulu Putih Terdampar di Pantai Filipina (Facebook/News.com.au)

Liputan6.com, Manila – Sebuah foto benda seperti monster berbulu putih terdampar di sebuah pantai di Filipina, viral di media sosial.

Para penduduk lokal terlihat selfie di sebelah benda misterius itu yang terdampar di Pantai Cagdianao, Kepulauan Dinagat.

Melansir News.com.au pada Jumat (24/2/2017), beberapa benda laut yang aneh sebelumnya juga terdampar di kepulauan itu — setelah gempa melanda wilayah tersebut pada pekan lalu.

Keberadaan benda-benda aneh itu memicu spekulasi bahwa makhluk laut mampu mendeteksi gempa yang akan melanda kawasan tersebut.

Dalam kasus ini, benda misterius berambut putih yang berukuran jumbo itu terlihat mengambang dan mengeluarkan semacam darah.

Beberapa orang berspekulasi bahwa ‘monster’ itu sebagian tubuh paus raksasa dan sebagian lainnya menebak itu alien.

Kemunculan benda itu menambah daftar makhluk aneh laut dalam di Filipina. Warga di pantai utara Mindano menemukan ikan mirip ular sepanjang 30 kaki atau 6 meter setelah gempa 6,7 skala Ritcher yang menewaskan 6 orang serta melakai 120 jiwa.

Keberadaan makhluk putih berbulu itu merupakan kemunculan benda aneh di laut dalam beberapa minggu terakhir.

Pada akhir Desember lalu, turis di pantai Auckland di Selandia Baru dibuat kaget dengan objek rasasa berselimut remis.

Objek tersebut mengingatkan akan peristiwa yang terjadi setelah Selandia Baru diguncang gempa 7,8 skala Richter.

Kala itu, lindu itu mengangkat dasar laut sepanjang 2 meter dan lalu meledak.

Akibat kejadian tiba-tiba itu sejumlah makhluk laut, termasuk lobster dan kerang-kerangan, terdampar.

Laut menyimpan banyak misteri. Tak jarang hal-hal misterius tersapu hingga ke tepi pantai. Salah satunya adalah bentuk-bentuk makhluk aneh dan… menyeramkan wujudnya.

Temuan makhluk aneh itu disebut ‘globster’. Merupakan istilah teknik dari ahli hewan asing, yang didefinisikan sebagai ‘bagian massa organik yang tersapu dari laut atau sumber air lainnya’.

Sebutan itu diciptakan oleh Ivan T. Sanderson pada tahun 1962, untuk mendeskripsikan bangkai hewan laut yang ditemukan di laut Tasmania tahun 1960, yang dikatakan “tak memiliki mata, kepala, dan struktur tulang yang berwujud jelas”.

Ini adalah 4 makhluk-makhluk aneh yang pernah terdampar di pantai seluruh dunia (dan hanya beberapa yang punya penjelasannya):

1. Monster Sakhalin
Makhluk ini ditemukan di Pulau Sakhalin, Rusia, tahun 2006 lalu oleh sekelompok tentara yang ditempatkan di daerah terdekat.

(foto)
Monster Sakhalin. (foto: News.com.au)

Pulaunya, yang terletak di Lautan Pasifik Utara di teluk Timur Rusia dan Utara Jepang, menjadi teritori pertentangan dua negara itu. Inilah yang menjadikan adanya tentara.

Menurut laporan, anggota resmi memindahkan bangkai makhluk tak dikenal itu dari pantai setelah berita penemuannya tersebar. Namun, pengunjung sudah keburu mengambil beberapa fotonya.

2. Trunko
Trunko adalah nama julukan bagi si makhluk putih yang tersapu di pantai Margate, Afrika Selatan tahun 1924.

(foto)
Trunko. (foto: News.com.au)

Kisahnya muncul di koran lokal dengan berbagai judul yang membuat penasaran, seperti, “Ikan Berbentuk Seperti Beruang Kutub”.Menurut laporan, pada awalnya saksi mata melaporkan melihat si makhluk aneh bertarung dengan dua paus pembunuh.

Trunko membusuk di lautan 10 hari sebelum akhirnya tersapu kembali oleh ombak. Anehnya, pada masa itu, tak ada ilmuwan yang menelitinya. Bukti keberadaannya dianggap sudah hilang, hingga pada tahun 2010 muncul lagi foto Trunko di internet.

3. Monster Laut Folly

Makhluk ini hanya muncul potongan tubuhnya. Keanehannya ada pada bentuknya yang amat mirip dengan ekor stegosaurus.

(foto)
Monster Laut Folly. (foto: News.com.au)

Kemunculannya pada Pantai Folly Carolina Selatan pada tahun 2012 mengejutkan penduduk. Spekulasi mengenai asal-usulnya dibahas selama berhari-hari.

Akuarium Carolina Selatan akhirnya berhasil mengenali makhluk ini sebagai ikan sturgeon Atlantik, yang sudah ada sejak era primitif dan berenang di lautan selama lebih dari 100 juta tahun.

Ikan sturgeon bisa bertumbuh hingga lima meter panjangnya, dan spesies yang pernah ditangkap, beratnya melebihi 360 kg.

4. Globster Enam Kilometer
Monster’ ini dinamakan demikian sesungguhnya bukan karena ukurannya, namun dari ukuran pantai Tasmania tempat si makhluk ditemukan tahun 1997.

(foto)
Globster Enam Kilometer. (foto: News.com.au)

Makhluk itu berukuran 4,6 meter panjangnya dan beratnya 3.600 kg. Di tubuhnya terdapat sirip, helai rambut putih, dan enam cuping berdaging di setiap sisi tubuhnya.

Tahun 1960, pernah juga ditemukan bangkai hewan di Tasmania, dan kata ‘globster’ pertama kali digunakan oleh ahli hewan Ivan T Sanderson.”

——

(3) http://bit.ly/2Cw6z8C, National Geographic: “Mysterious “Hairy Blob” Washed Up on Philippines Beach

What was initially believed to be a new species is likely something else.

(video)

WATCH: Can you guess what sea creature this carcass belongs to? Footage courtesy Mio Lungsod Nan Cagdianao
BY SARAH GIBBENS
PUBLISHED FEBRUARY 27, 2017

Update: On May 12, reports of another mysterious carcass washing up on a beach on the Indonesian Island of Seram emerged, drawing attention from locals and online. A dramatic video shows the bloody carcass in shallow water.

A spokesman for the country’s Ministry of Marine Affairs and Fisheries (KKP) told reporters that researchers will take samples from the animal to identify its species, but its size suggests it is a whale.

The animal was measured at 15 meters (49 feet), dispelling the early beliefs among locals that it may be a squid, which only reach five meters (16.5 feet).

***

In late February, a mysterious, hairy-looking “blob” washed up on a beach. (And no, that’s not the start of a bad joke.)

(photo)
https://twitter.com/ruffaluci08/status/834931311735275521: Ruffa Luci @ruffaluci08: “Dugong was found in cagdianao, dinagat islands 😱😱”
8:01 AM – Feb 24, 2017

Pictures recently taken in the Philippines show an animal-like object roughly 20 feet long, and weighing over 4,000 pounds. At first glance, the strange object looks to be covered in long, shaggy white hair.

The recent photos surfaced from the Dinagat Islands, where locals were rendered awestruck by the large remains. A flurry of viral images prompted some to question if it was a new species. But this isn’t the first time a mysterious, seemingly hairy object has surfaced from the ocean. A similar blob that weighed in at 13 tons was found in Chile in 2003. At the time that was believed to be the remains of a dead, giant octopus.

However, this recent “blob” or “globster” as it is called be some may not be as mysterious as previously thought.

“It’s definitely a very decomposed sea creature in the later stages of decomposition,” Lucy Babey, head of science and conservation for the animal charity Orca, told the BBC.

The remains were initially believed to belong to a manatee or a dugong, but a team from the municipal office of Cagdianao says the remains came from a whale that had been dead for two weeks. The municipal office hypothesized that the remains belonged to a sperm whale, but because the carcass is so decomposed, a DNA scan or examination of the skull would be needed to confirm. The “hair” seen on the creature is likely decomposed muscle fibers.

The majority of marine mammals that die at sea do not wash up on beaches. But after a recent 6.7 magnitude earthquake hit the island nation on February 10, a number of these hairy carcasses have washed ashore, likely surfaced by storm surges caused by the shaking.

This isn’t the first mysterious sea creature to wash ashore on Philippine beaches. Earlier this month, an oarfish, a creature usually found in mesopelagic zones 200 to 1,000 feet below sea level, became the subject of fascination after surfacing in Carmen, Agusan Del Norte. Local myths say the oarfish is an omen of coming earthquakes; however, scientists have not found a link to this belief.”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/765252567140614/

Bangkai yang terdampar yang dibahas oleh post sumber sebetulnya adalah bangkai satwa laut besar yang sudah terdekomposisi (membusuk), didefinisikan sebagai "Globster". Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Posted by Aribowo Sasmito on Friday, October 19, 2018