[SALAH] SEORANG BAYI DAN IBU SELAMAT SETELAH TERKUBUR DI LUMPUR SELAMA DUA MINGGU

Postingan ini berisi penjelasan mengenai kejadian yang viral, bahwa seorang bayi dan seorang ibu selamat setelah terkubur didalam lumpur selama dua minggu. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada.

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL, PESAN BERANTAI WHATSAPP, YOUTUBE

===

NARASI :

Allahu Akbar1 2 Minggu Terkubur Genangan Lumpur, Bayi Ditemukan Selamat

KUASA Allah kembali diperlihatkan ketika seorang bayi ditemukan warga dalam keadaan selamat

===

PENJELASAN : Viral dua video yang menyebut bahwa telah ditemukan seorang anak dan juga seorang wanita masih hidup setelah terkubur di dalam lumpur selama dua minggu. Dalam keterangan video, disebutkan bahwa keduanya merupakan korban dari bencana gempa dan tsunami di Palu.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nuigroho, video tersebut direkam pada jumat malam, tepat setelah gempa dan tsunami menerjang Palu. Bayi dan perempuan itu merupakan ibu dan anak yang ditemukan di Desa Lengaleso. Sutopo menuturkan, bayi dan perempuan dalam video tersebut diselamatkan oleh para relawan. Dia menegaskan, keterangan dalam video yang memperlihatkan penyelamatan seorang perempuan tidak benar.

===

REFERENSI :

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/764825953849942/
https://news.detik.com/berita/4263391/viral-ibu-dan-bayi-selamat-usai-terkubur-di-palu-ini-faktanya
https://www.merdeka.com/cek-fakta/fakta-viral-video-perempuan-bayi-selamat-usai-tertimbun-lumpur-di-palu.html