[DISINFORMASI] PIDATO ANIES BASWEDAN DALAM PESTA RAKYAT PELANTIKAN GUBERNUR

NARASI

●INILAH PIDATO ANIES BASWEDAN, GUBERNUR DKI JAKARTA 2017-2022, DALAM PESTA RAKYAT PELANTIKAN GUBERNUR, 16 OKTOBER 2017:

SUMBER : MEDIA SOSIAL https://www.facebook.com/agibetha.isnaeny/posts/1432081443577096

PENJELASAN

saya sudah mendengarkan video yang 2:36 menit di atas, itu diawali dengan kata-kata seperti ini:

“…maka janji-janji itu harus terlunaskan bagi warga Jakarta. Dulu, kita semua, pribumi, ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri. (tepuk tangan). Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan dalam pepatah Madura…”

bandingkan dengan yang ditulis di posting tersebut:

“Jakarta adalah satu dari sedikit tempat di Indonesia yang merasakan hadirnya penjajah dalam kehidupan sehari-hari, selama berabad-abad lamanya. Rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan oleh kolonialisme. Kini telah merdeka, saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai terjadi di Jakarta ini apa yang dituliskan dalam pepatah Madura…”

Sepertinya yang dituliskan adalah naskah pidatonya, dan bukan pidato yang diucapkan.

SARAN

Sebelum percaya bulat-bulat apa yng dituliskan oleh orang lain, silakan didengarkan sendiri rekaman pidatonya dan bandingkan sendiri dengan apa yang ditulis.

Ini salah satu sumber lengkap, sudah saya tandai di menit 7:10 untuk bisa didengarkan sendiri bagian dari video yang dipermasalahkan: https://youtu.be/L-djoLqttKU?t=430

CATATAN

Naskah dengan transkrip adalah dua hal yang berbeda. Naskah adalah apa yang ditulis untuk berikutnya dibacakan, sementara transkrip adalah menuliskan apa yang diucapkan.

Narasumber menuliskan apa yang dimaksud sebagai naskah pidato, bukan transkrip. Ini sama dengan yang tertulis di sini: https://www.merdeka.com/…/ini-pidato-lengkap-anies-baswedan…

Sementara transkrip isinya bisa berbeda dengan naskah, bisa jadi karena improvisasi, dan pidato itu lengkapnya bisa dibaca di sini: https://news.detik.com/…/ini-pidato-lengkap-anies-usai-dila…

Dan yang paling terakhir adalah saya tidak membahas sentimen dari pidato tersebut, saya hanya menunjukkan bahwa narasumber tidak menuliskan transkrip pidato, melainkan hanya naskah.

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/542540266078513/