[BENAR] KPU Bantah Informasi Yang Menyebut Bahwa Kemarin Adalah Batas Terakhir Pengecekan Daftar Pemilih Pilpres 2019

Debunk ini berisi klarifikasi dari komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz yang menyebut bahwa informasi yang beredar terkait kemarin adalah hari terakhir untuk mengecek daftar pemilih Pilpres 2019 di situs KPU adalah hoaks.

======

[KATEGORI] : KLARIFIKASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Sejak kemarin beredar kabar di media sosial mengenai kemarin adalah batas hari terakhir untuk mengecek apakah nama kita ada di daftar pemilih Presiden pada 2019 mendatang lewat situs KPU https://sidalih3.kpu.go.id/.

Menanggapi informasi tersebut, Komisioner KPUViryan Aziz menegaskan kabar tersebut hoax.

“Berita bahwa pengecekan (terakhir) daftar pemilih hari ini itu hoax,” kata Viryan saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (8/10/2018).

Pengecekan daftar pemilih bisa dilakukan lewat situs https://sidalih3.kpu.go.id hingga hari pencoblosan. Dengan demikian, masyarakat bisa mengecek apakah namanya sudah terdaftar kapan pun hingga hari pencoblosan.

“Pengecekan daftar pemilih bisa terus dilakukan oleh masyarakat sampai hari pemungutan suara 17 April 2019,” ujar Viryan.

Sementara itu, KPU belum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bagi Anda yang namanya belum terdaftar, segeralah melapor ke kantor kelurahan.

=======

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/4247494/viral-hari-ini-terakhir-cek-daftar-pemilih-pilpres-ternyata-hoax