[SALAH] Poster Anis Matta Dukung Jokowi Dalam Pilpres 2019

Salah satu relawan Garbi, Mahfudz Siddiq, membantah Anis Matta dan ormasnya mendukung Jokowi. Menurutnya, gambar tersebut sengaja dibuat pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk membunuh karakter Anis Matta dan Garbi.

======

Kategori : HOAKS

======

Sumber : Media Sosial Twitter

======

Penjelasan :

Banyak warganet di media sosial Twitter yang menanyakan kebenaran informasi terkait beredarnya poster yang memperlihatkan foto mantan Presiden PKS Anis Matta beserta narasi dukungannya kepada Jokowi pada Pilpres 2019.

Poster tersebut menyebutkan, “Jokowi layak melanjutkan ke periode berikutnya”.

Salah satu relawan Garbi, Mahfudz Siddiq, membantah Anis Matta dan ormasnya mendukung Jokowi. Menurutnya, gambar tersebut sengaja dibuat pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk membunuh karakter Anis Matta dan Garbi.

“Meme itu di buat oleh OSIN – meminjam istilah dokumen rahasia yang beredar di lingkungan PKS. Targetnya untuk pembunuhan karakter Anis Matta dan mematikan Garbi,” kata Mahfud kepada wartawan, Kamis (4/10).

“Padahal Garbi itu ormas kebangsaan yang dimotori para aktivis yang setuju dengan ide Arah Baru Indonesia. Yaitu suatu ide kebangsaan untuk bersama-sama memperjuangkan Indonesia menjadi kekuatan kelima dunia,” lanjutnya.

Dia menegaskan bahwa saat ini Garbi tengah dalam proses bertumbuh untuk menyamakan ide-ide kebangsaan. Sehingga, sangat mungkin Garbi tak mendukung salah satu calon di Pilpres 2019.

“Garbi ini sedang dalam proses pertumbuhan dan penyemaian ide kebangsaannya. Jadi enggak ada urusan dengan dukung-mendukung capres tertentu.

“Saya ikut mendukung idenya. Mendirikan dan mendukung ormas kan hak warga negara yang dijamin konstitusi dan UU,” pungkasnya.

Sahal, staf Anis Matta, mengkonfirmasi bahwa poster tersebut adalah hoax.

“Itu hoax yang nyata mas,” ujar Sahal saat dihubungi, Kamis (4/10).

Menurut Sahal, saat ini Anis Matta dan relawan GARBI sedang fokus terhadap bencana gempa bumi 7,4 Skala Richter disusul tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. “Kami lagi fokus dengan agenda kemanusiaan di Palu,” tegasnya.

Loyalis Anis Matta, Fahri Hamzah, telah melihat poster itu. Fahri Hamzah menegaskan poster tersebut salah. Fahri menyoroti bentuk logo GARBI dalam poster dukungan untuk Jokowi itu.

“Ini nggak gini, ini lambangnya nggak gini. Lambangnya yang bener ini saya kasih lihat HP saya. Ini gambarnya yang benar,” kata Fahri di kompleks parlemen sembari menunjukkan logo GARBI yang menurutnya benar.

Logo GARBI di poster Anis Matta hanyalah bintang putih dengan latar merah. Sementara yang ditunjukkan Fahri, logo GARBI memuat elemen bintang dan logo seperti bulan sabit putih. Logo GARBI yang diperlihatkan Fahri tercetak di satu topi merah.

“Nilai aja sendiri, kalau dia bikin lambang aja salah,” kata Fahri.

“Ya nggak benarlah. Dia bikin lambang aja salah kan, nggak benar. Beda ini. Aslinya yang ini. Beda logonya, ada bulan bintangnya. Lambangnya aja salah, ya kan. Berarti komentarnya juga salah. Nggak benar pokoknya,” tegas Fahri.

Referensi :

https://kumparan.com/…/hoax-buster-anis-matta-tak-dukung-jo…

https://www.jawapos.com/…/hoaks-dukungan-anis-matta-ke-joko…

https://news.detik.com/…/beredar-poster-anis-matta-dukung-j…

About Levy Nasution 331 Articles
Journalist, traveller