[SALAH] Penerbangan Pesawat Hercules Gratis Ke Palu Untuk Keluarga Korban Gempa dan Tsunami

Informasi tentang adanya pesawat Hercules gratis untuk penerbangan ke Palu bagi keluarga korban gempa dan tsunami merupakan informasi yang tidak benar. Informasi yang tersebar melalui media pesan Whatsapp dan media sosial itu dibantah oleh pihak TNI Angkatan Udara. Melalui akun Twitter resminya, yakni @_TNIAU, TNI AU menyatakan bahwa pesawat Hercules TNI AU yang menuju Palu diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat-obatan, makanan siap saji, alat berat hingga mengangkut pengungsi korban gempa atau tsunami yang diutamakan lansia, wanita, dan anak-anak.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Pesan Whatsapp dan Media Sosial

 

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10204988895997505&set=a.3023532322714&type=3&permPage=1

 

=====

 

Narasi:

 

Bagi keluarga korban yg mau k

Palu bisa lewat Makassar, ada

penerbangan gratis pesawat

hercules mkassar palu, sehari 5 kali

penerbangan mulai hari ini besok

dan lusa..Mohon disebarkan : Untuk

wilayah Makassar

 

Jadwal Hercules malam ini jam 19.00

dan 03.00 subuh besok. Di Lanud

Makassar.

 

Khusus untuk tim medis dan keluarga

korban yg ingin ke Palu.

 

Sertakan fotokopi KTP

 

Silahkan berkoordinasi dgn Riyan

Fauzi 082291602843

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Informasi tentang adanya pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara dioperasikan untuk keluarga korban gempa dan tsunami Palu beredar melalui media pesan Whatsapp dan media sosial. Dalam informasi tersebut disebutkan bahwa pesawat Hercules itu akan terbang dari Lanud di Makassar.

 

Menanggapi pesan tersebut, TNI AU membantah kalau ada pesawat Hercules yang diperuntukkan keluarga korban gempa dan tsunami Palu untuk menemui para korban. Melalui akun Twitter resminya, yakni @_TNIAU, TNI AU menyatakan bahwa pesawat Hercules TNI AU yang menuju Palu diutamakan membawa bantuan hingga mengangkut pengungsi korban gempa atau tsunami yang membutuhkan.

 

“Pesan yg beredar via WA ini TIDAK BENAR alias HOAKS.  Pesawat Hercules TNI AU yg MENUJU PALU diutamakan bawa bantuan logistik, paramedis, obat2an, makanan siap saji, alat berat dll.  DARI PALU angkut pengungsi diutamakan lansia, wanita, anak2 👤 #PrayForPaluDonggala #GempaSulteng,” cuit akun @_TNIAU.

 

Adapun, perihal fungsi pesawat Hercules di Palu juga sudah diterangkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Dilansir dari liputan6.com, Hadi mengatakan bahwa pesawat Hercules memang mengangkut korban gempa dan tsunami Palu, namun diprioritaskan untuk korban yang sakit.

 

“Hercules tetap jalan dua, tetapi nanti kami prioritaskan untuk yang sakit ya. Yang sehat nanti kami naikkan Pelni 3.000 sampai 5.000 orang. Sudah saya laporkan ke Pak Menko (Wiranto) tadi sudah beres. Enggak ada masalah, aman. Besok saya ke sana sama Pak Menko juga,” pungkas Hadi.

 

=====

 

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/755971158068755/

https://twitter.com/_TNIAU/status/1046400612529713153

https://www.liputan6.com/news/read/3656553/panglima-tni-hercules-untuk-korban-sakit-warga-palu-diangkut-kapal-pelni

https://www.suara.com/news/2018/10/01/151908/tni-au-nyatakan-info-penerbangan-hercules-gratis-ke-palu-hoaks