[SALAH] Wali Kota Palu Meninggal Karena Tsunami

Informasi yang mengatakan Wali Kota Kota Palu Hidayat telah meninggal dunia karena bencana tsunami merupakan informasi yang tidak benar. Sebab, berdasarkan informasi dari Produser Lapangan CNN Indonesia TV Reza Ramadhan yang dilansir dari akun Twitter resmi CNN Indonesia Daily (@CNNIDaily), diketahui bahwa Wali Kota Palu tidak meninggal dan dalam kondisi sehat. “Sudah dapat kami pastikan bahwa Wali Kota Palu sudah ditemukan dan dalam kondisi sehat. Jadi kabar yang berhembus bahwa Walikota Palu meninggal adalah bohong atau fitnah,” ungkap Reza.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Pesan Whatsapp

 

=====

 

Narasi:

 

Innalilahi wa innailaihi rojiun

walikota palu meninggal dlm musibah tsunami di palu

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Tersebar informasi yang menyebutkan Wali Kota Palu Hidayat  telah meninggal dunia dan menjadi korban tsunami di Palu melalui media pesan Whatsapp. Atas penelusuran yang telah dilakukan, ditemukan fakta bahwa Wali Kota Palu tidak meninggal.

 

Informasi itu didapatkan dari cuitan akun Twitter resmi CNN Indonesia Daily (@CNNIDaily) yang menggunggah penggalan wawancara dengan Produser Lapangan CNN Indonesia TV Reza Ramadhan pada Breaking News CNN Indonesia.

 

Dari wawancara itu, Reza menyatakan bahwa Wali Kota Palu tidak meninggal dan dalam kondisi sehat. “Sudah dapat kami pastikan bahwa Wali Kota Palu sudah ditemukan dan dalam kondisi sehat. Jadi kabar yang berhembus bahwa Walikota Palu meninggal adalah bohong atau fitnah,” ungkap Reza.

 

Selain itu, Reza mengatakan, ketika terjadinya gempa memang Wali Kota Palu sedang ada di pesisir pantai Talise untuk gladi resik festival menyambut ulang tahun Kota Palu. Wali Kota Palu, menurut Reza, selamat dari bencana tersebut karena ditolong oleh Satpol PP saat tsunami menuju ke atas BPS.

 

“Saat air (tsunami) mulai surut, Wali Kota bersama Satpol PP turun ke bawah. Namun, karena memang akses listrik dan akses komunikasi yang sulit, maka kabar dari Wali Kota ini tidak dapat dihubungi sama sekali. Oleh karena itu, banyak kabar yang berhembus bahwa beliau (Wali Kota Palu) sudah meninggal dunia karena tsunami,” terangnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/755179361481268/

https://twitter.com/CNNIDdaily/status/1046232142714302464

https://twitter.com/hincapandjaitan

https://nusantara.rmol.co/read/2018/09/30/359743/Kabar-Wali-Kota-Palu-Meninggal-Karena-Gempa-Ternyata-Hoaks-

https://www.idntimes.com/news/indonesia/vanny-rahman/cek-fakta-kabar-wali-kota-palu-meninggal-akibat-gempa-hoax/full

https://www.dream.co.id/news/walikota-palu-dikabarkan-meninggal-dunia-begini-fakta-sebenarnya-1809307.html

https://news.okezone.com/read/2018/09/30/340/1957694/kabar-wali-kota-palu-meninggal-akibat-gempa-dan-tsunami-hoaks