[SALAH] “Seorang mahasiswa dari Zambia dipukuli sampai meninggal”

Lokasi insiden dari video yang dibagikan di post-post adalah di Malaysia, bukan Cina. Kejadian main hakim sendiri, dari upaya perampokan yang gagal, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2zAvaqL, post-post yang dibagikan di Facebook (public posts).

——

(2) http://bit.ly/2OfHMf6, cuitan-cuitan di Twitter.

======

NARASI

“Seorang mahasiswa dari Zambia dibunuh oleh orang-orang Cina karena berpacaran dengan wanita Cina”, dengan beberapa variasi narasi.

======

PENJELASAN

http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Konteks yang benar dari video adalah insiden main hakim sendiri yang terjadi di Malaysia, bukan di Cina. Disebabkan oleh upaya perampokan yang gagal, bukan karena “berpacaran dengan wanita Cina” seperti yang diklaim oleh post-post yang beredar di bagian SUMBER,

(1) World of Buzz @ 3 Agu 2016: “Pencuri Dengan Parang Dipukuli Sampai Berdarah Setelah Perampokan Gagal di Sarawak”
(2) JB情報网 @ 1 Agu 2016: “Happened at 00:50 am this morning, 3 of them took a car to shoot a gun, 3 Bandits took a long knife, and also threw a pear flower play, two ran away, one was caught, and the result was taken by the clerk. Hit the half. ~ Netizens provide latest information from the ice”.
(3) LiveLeak @ 2 years ago: “THIEF SUFFERS BRUTAL BEATING”

selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) World of Buzz: “Pencuri Dengan Parang Dipukuli Sampai Berdarah Setelah Upaya Perampokan Gagal di Sarawak

Diterbitkan 2 tahun lalu di 3 Agustus 2016
Oleh Jamie W

(foto)

Peringatan: Gambar grafis (tidak disensor) disertakan di artikel ini

Sebuah posting terbaru di Facebook oleh halaman berita mandarin JB 情報 网 (JBReport) telah menjadi viral setelah video seorang perampok dipukuli hingga berdarah muncul di internet.

(foto)
(foto)
Sumber gambar: FB / JBReport

Posting mengklaim bahwa 3 perampok tiba dalam satu kendaraan, dipersenjatai dengan Parang dan kembang api. Mereka berusaha merampok sebuah toko di Batu 4, Kuching, Sarawak sekitar pukul 12.50 pagi.

Para perampok bahkan melemparkan kembang api yang menyala tetapi tampaknya percobaan perampokan mereka gagal dan dua dari mereka melarikan diri dari tempat kejadian meninggalkan salah satu komplotan mereka di belakang untuk menghadapi kejadian itu sendiri.

Main hakim sendiri, pemilik toko yang marah memukul perampok dengan pipa logam.

(foto)
Sumber gambar: Video dari MASK MARK

Meskipun perampok terlihat terluka dan memar dengan banyak darah berlumuran di lantai, penjaga toko yang marah terus memberikan pukulan ke pria yang berbaring di tanah.

Post telah dibagikan lebih dari 19.200 kali dan terus bertambah; sementara lebih dari 1.300 menulis untuk berbagi pandangan mereka tentang masalah ini.

Tonton video di bawah ini:

(video di https://www.worldofbuzz.com/wp-conte…/uploads/…/08/video.mp4)

Banyak yang menyetujui tindakan pemilik toko dan menyatakan tidak perlu mengasihani perampok. Sementara orang lain yang menderita dari pengalaman pribadi berpihak ke sisi penjaga toko.

Banyak yang mengklaim bahwa perampok adalah orang-orang yang tidak punya hati (sadis) melakukan kegiatan kriminal ini, dan bahwa mereka dipersenjatai dengan Parang sehingga mereka juga akan memangkas korban mereka tanpa simpati.

Seorang pengguna menulis, “ Setiap kali saya melihat orang-orang semacam ini, itu mengingatkan saya pada saat ibu saya dirampok. Pada saat itu, siapa yang ada di sekitar untuk membantu / mengasihani ibuku ?! Jika itu saya atau teman-teman saya yang dirampok, saya juga akan menghajar perampok dan bahkan lebih dari sekadar ini. Kirim mereka ke penjara! Sebaliknya, orang-orang ini malah dilepaskan.”

(foto tangkapan layar)
Sumber gambar: FB / JBReport

Banyak orang lain juga menyatakan bahwa penjaga toko terlalu jauh pada pemukulan dan bahwa tidak perlu bertidak seperti ‘gangster’ padanya. Sebaliknya, penjaga toko seharusnya menyerahkan tersangka kepada polisi untuk ditangani.

“Masih ada hukum di Malaysia dan tidak perlu menghajar pria itu sampai darahnya mengalir ke mana-mana. Serahkan saja dia ke polisi dan biarkan mereka melakukan pekerjaannya. Apa yang dilakukan perampok itu salah tetapi tidak ada yang seharusnya melakukan pemukulan semacam ini.” tulis pengguna lain.

Apa yang kamu pikirkan?”

(Google Translate Chrome extension dengan penyesuaian seperlunya, tautan ke laman dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2IjE7rk).

——

(2) http://bit.ly/2IjGPNw, JB情報网: “Happened at 00:50 am this morning, 3 of them took a car to shoot a gun, 3 Bandits took a long knife, and also threw a pear flower play, two ran away, one was caught, and the result was taken by the clerk. Hit the half. ~ Netizens provide latest information from the ice

De diǎn : 4 Kuching, Sarawak

Original Share ~ updated
Happening at 4 Kuching Sarawak…

3 robbers, 1 GOT TO CATCH 2 already run….
Under 3 long machetes and firecrackers go rob.

The front video of the shooting game center ~ https://www.facebook.com/JBReport/videos/518735604987989/

Credit Video: Mask Mark
=============================
Welcome to the new johor small things
https://www.facebook.com/groups/JBSNews/

Welcome to the new credits to the ma exchange rate
https://www.facebook.com/groups/JBSGMoneyExchange/

Welcome to the jb blow water station
https://www.facebook.com/groups/JBChitStation/”

(Facebook Translate).

——

(3) http://bit.ly/2xBUOKr, LiveLeak: “THIEF SUFFERS BRUTAL BEATING

Added:2 years ago
By: momox (389.00)
Tags: Beating
Location: Malaysia”.

======

CATATAN

Dipublikasikan juga dalam Bahasa Inggris karena SUMBER menggunakan bahasa tersebut.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/753919104940627/