[SALAH] DEKLARASI JATIM TOLAK KEBANGKITAN PKI

 

Postingan ini berisi klarifikasi yang diberikan oleh Kodam V Brawijaya terkait poster Deklarasi Jatim Tolak Kebangkitan PKI. Dalam poster tersebut dikatakan jika lokasi deklarasi akan diadakan di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI : HOAKS

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL

===

NARASI :

DEKLARASI JATIM MENOLAK KEBNAGKITAN PKI & NASAKOM

Kodam V Brawijaya

1 Oktober 2018

Jam 15.00 S/D MAGHRIB

Aliansi Masyarakat Jatim Penjaga Pancasila

===

PENJELASAN : Jelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober nanti, muncul informasi yang tersebar di media sosial mengenai akan diadakannya “Deklarasi Jatim Menolak Kebangkitan PKI dan Nasakom” yang akan digelar di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya 1 Oktober mendatang.

Menurut poster yang tersebar, sejumlah tokoh dikabarkan siap meramaikan deklarasi tersebut. Sejumlah nama tersebut diantaranya Ahmad Dhani, Fahri Hamzah, Fadli Zon, Neno Warisman, & Ratna Sarumpaet. Selain beberapa nama diatas, disebutkan pula beberapa ulama yang akan menghadiri deklarasi seperti Habib Haidar Smith, Ustadz Dery Sulaiman, Gus Nur dan Ustadz Haikal Hasan.

Melihat adanya informasi yang menjadi tanda tanya besar di masyarakat, Kodam V Brawijaya akhirnya melakukan klarifikasi terkait hal tersebut. Melansir dari ngopibareng.id, Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto dengan tegas menyatakan jika informasi tersebut adalah palsu alias hoax.

“Kodam Brawijaya tidak pernah membuat atau mengeluarkan poster itu. Kodam V Brawijaya juga tidak pernah bekerjasama dengan pihak-pihak yang disebutkan dalam poster tersebut,” tutur Singgih.

Kolonel Singgih menyebutkan jika pihaknya telah melakukan pelaporan ke Polda Jawa Timur untuk diusut siapa pelaku penyebar berita bohong tersebut. Ia juga menghimbau kepada masyarakat apabila mendapat berita terkait Kodam V Brawijaya, bisa langsung mengkonfirmasi langsung kepada Kapendam V Brawijaya.

===

REFERENSI :

https://www.ngopibareng.id/timeline/hoax-deklarasi-jatim-tolak-kebangkitan-pki-1694589