[BENAR] Klarifikasi KPK Terkait Foto Setya Novanto Tanpa Baju Tahanan

Atas tersebarnya foto Setya Novanto, Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, tidak mengenakan baju tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di media sosial, pihak KPK pun memberikan klarifikasi. Dilansir dari antaranews.com, merdeka.com, detik.com, liputan6.com, dan viva.co.id, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, perihal Setnov tidak menggunakan baju tahanan KPK dikarenakan mantan Ketua Umum Golkar tersebut sudah bukan tahanan KPK melainkan tahanan Lapas Sukamiskin dan terkait Setnov beredar di luar itu dikarenakan yang bersangkutan tengah dipanggil Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung pada Selasa (18/9). “Terkait sejumlah informasi yang beredar dan pertanyaan tentang kenapa Setya Novanto tidak mengenakan baju tahanan KPK, perlu kami jelaskan bahwa Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan berkekuatan hukum tetap,” kata Febri.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Twitter

 

https://twitter.com/MuhammadRahInd3/status/1043553815423668224

 

=====

 

Narasi:

 

KO BISA…

Secara tidak sengaja sekitar pukul 06.00 WIB di rest area kilometer 97 Tol Purbaleunyi arah Jakarta, rombongan Investigasi Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI) melihat orang dengan pengawalan mirip mantan Ketua DPR-RI, Setya Novanto (Setnov) terpidana 15 tahun penjara !

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklarifikasi atas beredarnya foto Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang tengah berada di luar tahanan dan tidak menggunakan seragam tahanan KPK. Dilansir dari antaranews.com, merdeka.com, detik.com, liputan6.com, dan viva.co.id, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, perihal Setnov tidak menggunakan baju tahanan KPK dikarenakan mantan Ketua Umum Golkar tersebut sudah bukan tahanan KPK melainkan tahanan Lapas Sukamiskin.

 

“Terkait sejumlah informasi yang beredar dan pertanyaan tentang kenapa Setya Novanto tidak mengenakan baju tahanan KPK, perlu kami jelaskan bahwa Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan berkekuatan hukum tetap,” kata Febri.

 

Adapun, perihal keberadaan Setnov di luar tahanan, Febri menjelaskan, hal itu terkait pemanggilan pemanggilan yang bersangkutan pada Selasa (18/9) untuk keperluan persidangan kasus proyek KTP-elektronik (KTP-el) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta dengan terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.

 

“Terdapat kebutuhan menghadirkan saksi Setya Novanto dan sejumlah pihak lain untuk kepentingan sidang tersebut. Tentu dalam perjalanan dari Sukamiskin ke Jakarta ada jeda waktu dan ada kemungkinan petugas beristirahat di tempat tertentu,” jelasnya.

 

Meski tengah beristirahat dalam perjalanan, Febri menambahkan, penjagaan terhadap Setnov tetap sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku. “Namun, hal tersebut sepenuhnya tentu tetap perlu sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) di Ditjen Pemasyarakatan khususnya Lapas Sukamiskin,” ungkap Febri.

 

Walaupun informasi mengenai foto itu tidak sepenuhnya tepat, Febri mengatakan, KPK mengapresiasi keinginan dan peran masyarakat mengawasi ketika melihat ada terpidana yang berada di luar seolah-olah dalam kondisi bebas. “Meskipun informasi yang beredar tidak sepenuhnya tepat, namun KPK menghargai keinginan dan peran masyarakat mengawasi ketika melihat ada terpidana yang berada di luar seolah-olah dalam kondisi bebas,” pungkasnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/752487535083784/

https://www.antaranews.com/berita/751283/kpk-klarifikasi-foto-setnov-tanpa-baju-tahanan

https://www.merdeka.com/cek-fakta/kpk-klarifikasi-foto-setnov-tanpa-rompi-tahanan-di-jalan-tol-cipularang.html

https://news.detik.com/berita/4226963/kpk-jelaskan-viral-foto-novanto-di-rest-area-tol-cipularang

https://www.liputan6.com/news/read/3651461/viral-foto-setnov-di-rest-area-tol-cipularang-ini-penjelasan-kpk

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1077686-heboh-foto-setya-novanto-di-rest-area-tol-ini-fakta-sebenarnya