[BENAR] Pihak Kepolisian dan The Jakmania Bantah Melakukan Sweeping Plat D di Halim Perdana Kususma Semalam

Debunk ini berisi informasi tentang adanya sweeping plat D yang notabene adalah plat nomor wilayah Bandung pasca terjadinya peristiwa berdarah yang menwaskan seorang supporter jakmania. Namun hal tersebut dibantah oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo yang menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks. Pihak Jak Mania Tanjung Barat dan Kebayoran Baru pun turut membantah dan menyebut foto yang beredar di media sosial adalah penyambutan bus para pemain Persija Jakarta.

======

(KATEGORI): KLARIFIKASI

======

(SUMBER): MEDIA SOSIAL

======

Pasca laga Persib Bandung Kontra Persija Jakarta Pada minggu 23 September 2018 lalu yang menewaskan seorang supporter the Jakmania bernama Harlingga Sirila, Beredar sebuah pesan berantai di aplikasi whatsapp yang menyebutkan warga Bandung dan sekitarnya agar berhati-hati karena para jakmania sedang melakukan sweeping kendaraan ber plat D di daerah Halim Perdana Kusuma. Diketahui, plat D merupakan nomor identitas kendaraan bermotor dari Bandung.

Menanggapi informasi tersebut, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menegaskan, kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

“Tidak ada, itu berita hoax. Polisi dari Polda Jabar maupun Polda Metro mengantisipasi itu,” tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Menurut Dedi, Polda Jawa Barat tentu melakukan evaluasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait dalam penanganan kasus ini. Termasuk jika memang ada upaya gangguan keamanan berbentuk sweeping kendaraan plat D maupun B.

Sementara itu Dilansir BolaSport.com dari akun Twitter milik Jak Tanjung Barat, pihaknya membantah kabar tersebut.

“Untuk warga Bandung atau warga Jawa Barat silahkan berkunjung ke Jakarta, di Jakarta tidak ada masalah seperti yg diinfokan ini, informasi yang disampaikan ini hoax karena ini foto penyambutan bis pemain Persija semalam @AlionelMessi_ @MafiaWasit @infosuporter,” tulis akun tersebut.

Penjelasan tersebut juga didukung oleh akun Jakmania Kebayoran Baru yang mempersilahkan suporter untuk menghubungi pihak kepolisian jika ada satu mobil yang lecet saat penyambutan pemain.

“Ini menyambut pemain, kalau ada satu mobil plat D yang lecet, silahkan proses secara hukum,” tulisnya.

======

REFERENSI:

https://www.bolasport.com/suara-fan/307825-the-jak-mania-beri-penjelasan-soal-kabar-sweeping-kendaraan-bermotor-plat-d-di-bandara-halim

http://jogja.tribunnews.com/2018/09/24/the-jakmania-bantah-ada-sweeping-kendaraan-plat-d-di-bandara-halim

https://www.liputan6.com/news/read/3651090/polisi-sweeping-kendaraan-pelat-d-di-jakarta-hoaks