[SALAH] “Ini yg bicaranya org super pinter dan bijak”

Daur ulang disinformasi yang sudah pernah beredar sebelumnya, baik versi Jokowi maupun Prabowo sama-sama hoaks karena Habibie tidak pernah menyampaikan pernyataan atau tulisan seperti yang disebutkan di tulisan yang diedarkan. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Hoaks.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2Dgce4n, mention ke akun @turnbackhoax (twitter.com/turnbackhoax).

——

(2) https://twitter.com/ekagumilars/status/1042608911914754048, cuitan oleh akun “9.EKA 9UMILAR” (twitter.com/ekagumilars), sudah dicuit ulang 86 kali per tangkapan layar dibuat (tadi pagi, per post ini disusun sudah tidak bisa diakses).

======

NARASI

“Lawan berat Pak Prabowo itu bukan Jokowi tapi HOAX dan Fitnah yg sengaja dihembuskan…..

….bila akal sehat pasti pilih prabowo

Ini yg bicaranya org super pinter dan bijak”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten Palsu

Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan”.

——

(2) “Tirto menghubungi Sekretaris Pribadi Habibie, Rubijanto (14/5), menanyakan pesan berantai klaim pernyataan yang disebut sebagai Habibie. Rubijanto menegaskan bahwa klaim yang muncul bukanlah pernyataan ataupun tulisan Habibie.
Rubijanto, mewakili Habibie, meminta agar pembaca ataupun penggunaan media sosial tidak mudah percaya dengan kabar dari media sosial. Apalagi situasinya terkait dengan kegiatan politik pemilihan.

“Kepada segenap handai taulan mohon tidak mudah terpancing berita di medsos [media sosial] terlebih pada musim menjelang pilpres atau pilkada yang baru lalu,” terangnya.

Terlebih, menurut Rubijanto, konten palsu sangatlah mudah dibuat. Bahkan untuk kegiatan yang menghujat, mengadu domba dan menyalahkan pihak-pihak tertentu.”, selengkapnya di http://bit.ly/2MNXWZ6.

======

REFERENSI

Post sebelumnya di http://bit.ly/2xA95GK.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/749955062003698/