[BENAR] Kemenkeu Tidak Memblokir Rekening Ruben PS Marvey yang Berisikan Dana Bantuan Pembangunan Papua

Ratna Sarumpaet menuding pemerintah telah melakukan pemblokiran terhadap rekening salah seorang warga asal Papua. Tudingan itu berasal dari laporan Ruben PS Marey yang mendatangi Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC). Ruben mengaku simpanan dana dari World Bank sebesar Rp23,9 triliun untuk pembangunan Papua yang tersimpan di rekening pribadinya sejak 2016 telah hilang. Menanggapi tudingan itu, pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan klarifikasi. Dilansir dari detik.com, senayanpost.com, dan detak.com, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti, membantah telah melakukan melakukan pemblokiran rekening pribadi Ruben. Sebab, menurut Nufransa, Kemenkeu tidak mengatur kebijakan rekening atas nama pribadi. “Kementerian Keuangan tidak mengatur kebijakan mengenai rekening atas nama pribadi,” kata Nufransa.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Ratna Sarumpaet menuding pemerintah telah melakukan pemblokiran terhadap rekening salah seorang warga asal Papua bernama Ruben PS Marey. Tudingan itu berasal dari laporan Ruben saat mendatangi Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC).

 

Dalam laporannya, Ruben mengaku simpanan dana dari World Bank sebesar Rp23,9 triliun untuk pembangunan Papua yang tersimpan di rekening pribadinya sejak 2016 telah hilang. Atas hilangnya dana tersebut, Ruben menduga bahwa rekening pribadinya diblokir sepihak. Dugaan itu berdasarkan tak ada catatan di bank tempatnya menyimpan dana ketika ia mengklarifikasi ke pihak World Bank ternyata dana tersebut sudah ditransfer.

 

Menanggapi tudingan tersebut, pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan klarifikasi. Dilansir dari detik.com, senayanpost.com, dan detak.com, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti, membantah telah melakukan melakukan pemblokiran rekening pribadi Ruben. Sebab, menurut Nufransa, Kemenkeu tidak mengatur kebijakan rekening atas nama pribadi.

 

“Kementerian Keuangan tidak mengatur kebijakan mengenai rekening atas nama pribadi,” kata Nufransa.

 

Nufransa menjelaskan, Kemenkeu hanya mengatur kebijakan pengaturan rekening milik Kementerian atau Lembaga Negara. “Kementerian Keuangan hanya mengatur kebijakan pengaturan rekening milik Kementerian atau Lembaga Negara, mulai pemberian izin pembukaan rekening sampai menutup atau memblokir rekening Kementerian atau Lembaga Negara,” jelasnya.

 

Selain itu, Nufransa mengatakan, pihaknya sudah melakukan kroscek dengan pihak World Bank. Berdasarkan klarifikasi dari World Bank, Nufransa melanjutkan, pihak mereka tidak berhubungan dengan rekening perseorangan atau pribadi.

 

“Kami juga sudah bertanya kepada pihak World Bank, mereka tidak berhubungan dengan rekening perseorangan atau pribadi. Jadi yang dinyatakan oleh Ratna Sarumpaet adalah tidak benar,” tegasnya.

 

Adapun, Nufransa mengatakan, Kemenkeu meminta nasabah yang mengaku kehilangan uangnya di salah satu bank di Indonesia senilai Rp23,9 triliun, padahal sudah ditransfer oleh World Bank, mengecek langsung ke bank yang bersangkutan.

 

“Bila memang ada uang pada rekening bank tersebut, silakan dicek langsung dan ditanyakan kepada bank yang bersangkutan,” tuturnya.

 

=====

 

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/749314992067705/

https://news.detik.com/berita/4218385/kemenkeu-cek-ke-world-bank-tudingan-ratna-sarumpaet-tak-benar

https://www.senayanpost.com/kemenkeu-bantah-bantuan-papua-rp-23-t-diblokir/

http://detak.co/detail/berita/cek-ke-world-bank-kemenkeu-tudingan-ratna-sarumpaet-tak-benar