[SALAH] “Sudah Ada Rokok Marlboro Yang Terbuat Dari Ganja”

Hoaks di 2015 yang didaur ulang, Tribun: “‘Marlboro M’, Rokok Ganja Terbaru Harga Rp 1,2 Juta Per Bungkus Ternyata Kabar Hoax”. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Hoaks.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu pengikut Page MAFINDO.

——

(2) http://bit.ly/2xjwn3w, post oleh akun “Ananda Nadilla” (facebook.com/ananda.nadilla.1), sudah dibagikan 10.734 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Sudah Ada Rokok Marlboro Yang Terbuat Dari Ganja… 1 batang langsung fly😎”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”. Konten asli dari media satire dibagikan tanpa menyediakan informasi bahwa konten yang dibagikan berasal dari situs berita satire.

——

(2) Tribun: “RALAT : Redaksi menemukan artikel ini sebagai hoax. Dalam sebuah artikel mengulas legalisasi ganja di Amerika Serikat, situs Business Insider menampilkan foto produk rokok ganja yang disebut sebagai berita hoax. Situs News Max terang-terangan menulis judul Marlboro Marijuana? Rokok Ganja itu Hanya Kabar Hoax di Internet.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

——

(3) Snopes: “Laporan bahwa Phillip Morris membawa rokok rokok merek ‘Marlboro M’ ke pasar dimulai sebagai lelucon lawas April Mop.”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) Post sebelumnya di http://bit.ly/2paOhBP.

——

(2) http://bit.ly/2xeQtMX, Tribun: “‘Marlboro M’, Rokok Ganja Terbaru Harga Rp 1,2 Juta Per Bungkus Ternyata Kabar Hoax

Kamis, 29 Oktober 2015 14:12 WIB

(foto)
YouTube
Marlboro M.

RALAT : Redaksi menemukan artikel ini sebagai hoax. Dalam sebuah artikel mengulas legalisasi ganja di Amerika Serikat, situs Business Insider menampilkan foto produk rokok ganja yang disebut sebagai berita hoax. Situs News Max terang-terangan menulis judul Marlboro Marijuana? Rokok Ganja itu Hanya Kabar Hoax di Internet.

TRIBUNNEWS.COM, AS – Produsen rokok Marlboro dikabarkan akan mengeluarkan produk rokok terbaru, yaitu rokok ganja, yang akan mulai diperjualbelikan bulan depan.

Dikutip dari now8news.com, produk rokok ganja tersebut dikatakan akan mulai dipasarkan di bawah merek “Marlboro M”, pada awal November 2015 mendatang.

Mengumumkan pada Senin (26/10/2015), perusahaan rokok terbesar di dunia itu mengatakan bahwa rokok ganja Marlboro nantinya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rekreasi penggunanya.

Atas ide penjualan rokok ganja itu, Senior Vice President Philip Morris Marlboro, Serafin Norcik, menyebutkan bahwa perusahaannya sudah memonitor pasar.

“Perusahaan kami sudah yakin akan ide pemasaran (rokok) ganja dan telah memantau pasar dalam beberapa waktu ini,” ucap Serafin, dilansir now8news.com.

Sedangkan, penjualan produk “Marlboro M” itu disebutkan akan dimulai di AS, terlebih daerah yang sudah melegalkan penggunaan ganja untuk kebutuhan rekreasi.

“Kami akhirnya memutuskan untuk mendukung daerah-daerah tersebut yang telah melegalkan penggunaan ganja untuk kebutuhan rekreasi,” sebut dia lagi.

Namun, ada beberapa aturan tertentu untuk membeli produk rokok ganja itu, sesuai hukum yang berlaku, di antaranya hanya boleh membeli satu bungkus dalam satu kali pembelian, serta pembeli harus berusia 21 tahun ke atas.

Satu bungkus “Marlboro M” dapat dibeli seharga 89 dolar AS, alias Rp 1,2 juta. (now8news.com)

CATATAN REDAKSI : Redaksi mengubah judul berita setelah mendapati kabar rokok ganja Marlboro dipastikan berita hoax dari situs satir yang menyebar di internet.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak”.

—–

(2) Snopes: “Apakah Phillip Morris Memperkenalkan Rokok Marlboro M ‘Marijuana?

Laporan bahwa Phillip Morris membawa rokok rokok merek ‘Marlboro M’ ke pasar berasal dari lelucon lawas April Mop.

KLAIM
Phillip Morris telah mengumumkan pengenalan rokok marijuana merek Marlboro M.

RATING
SALAH

ASAL
Setidaknya sejak tahun 1960-an, desas-desus telah beredar bahwa perusahaan-perusahaan tembakau besar sedang bersiap-siap memasuki pasar rokok ganja untuk mengantisipasi legalisasi ganja di AS, membeli ladang ganja di Meksiko, merancang paket rokok baru, dan merek dagang nama-nama merek potensial seperti “Panama Red” dan “Acapulco Gold.” Desas-desus seperti itu tidak lebih dari produk imajinasi khayalan dan impian, tetapi sekarang negara bagian Colorado telah melegalkan penggunaan ganja, dan lebih banyak negara yakin untuk mengikuti, klaim tidak lagi terdengar terlalu mengada-ada.

Rumor-rumor kuno itu dimainkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada 21 Januari 2014 (dan diterbitkan kembali pada 30 Maret 2015) oleh situs web Abril Uno , menyatakan bahwa raksasa tembakau Phillip Morris telah mengumumkan perusahaan akan memasuki pasar rokok ganja dengan merek disebut “Marlboro M”:

Phillip Morris, produsen rokok terbesar di dunia, hari ini mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan ganja legalisasi ganja dan mulai memproduksi rokok ganja. Untuk dipasarkan dengan merek “Marlboro M”, akan tersedia untuk dijual melalui gerai berlisensi marijuana di negara bagian Colorado, dan Washington ketika menjadi legal secara komersial akhir tahun ini.

Serafin Norcik, Wakil Presiden Senior bidang Pemasaran uPhillip Morris mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaan tersebut sangat menyukai gagasan ganja pemasaran, dan telah memantau pasar selama beberapa waktu. Hanya ketika inisiatif legalisasi baru-baru ini – menang di Colorado dan Washington – bahwa mereka akhirnya membuat keputusan untuk mengambil lompatan keyakinan.

Pada hari berikutnya, tautan dan kutipan yang mengacu pada artikel ini sedang diedarkan melalui media sosial dan diposting ulang di situs web lain, dengan banyak dari mereka yang menemukannya salah mengartikannya sebagai berita asli. Namun, artikel ini hanya spoof dari situs web Abril Uno, yang namanya diterjemahkan sebagai “April One” (yaitu, Hari April Mop). Penafian pada halaman situs web mencatat bahwa:

Abril Uno adalah publikasi web satir, parodi, dan spoof. Abril Uno menggunakan nama-nama yang ditemukan dalam semua ceritanya, kecuali dalam kasus-kasus di mana tokoh-tokoh atau perusahaan publik disensor, diparodikan atau dipalsukan. Segala kemiripan dengan kebenaran, kejadian nyata, orang yang sebenarnya, hidup atau mati, sepenuhnya kebetulan dan dimaksudkan murni sebagai satir, parodi atau spoof. Semua artikel yang terdapat di sini adalah fiksi (“palsu”), tidak benar, dan hanya untuk hiburan.

Pada 26 Oktober 2015 situs berita palsu Now8News mencuri konsep Abril Uno dan menerbitkan artikel berjudul “Philip Morris Marlboro ‘M’ Merek Rokok Ganja Sekarang Dijual Di Empat Negara Bagian AS,” sama (dan palsu) melaporkan bahwa:

Warga Washington, Oregon, Colorado, dan Alaska sedang merayakan peluncuran Phillip Morris Marlboro ‘M’ Merek Rokok Ganja yang tersedia bulan depan untuk penggunaan rekreasi. Setelah uji coba penelitian klinis, produsen rokok terbesar di dunia, mengumumkan hari ini bahwa mereka akan bergabung dengan ganja rekreasi marijuana dan memulai penjualan rokok ganja di 4 negara bagian AS ini mulai 1 November 2015.
Situs web VIRAL Peringkat Teratas mempublikasi artikel Now8News verbatim, dengan tanggal yang diperbarui, pada bulan September 2016.

Snopes.com telah lama terlibat dalam pertempuran melawan informasi yang salah, sebuah usaha yang tidak dapat kami pertahankan tanpa dukungan dari para pembaca kami.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mendukung kami, klik di sini .

Disimpan Dalam: Abril Uno Rokok Ganja +2 Lagi
Pemeriksa Fakta: David Mikkelson
Dipublikasikan: 23 Januari 2014
Diperbarui: 7 September 2018″

(Google Translate Chrome extension dengan penyesuaian seperlunya, tautan ke artikel dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2xdKGXX).

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/747145102284694/