(SALAH) Seorang Anggota Banser Stress dan Meninggal Karena Tidak Tahan Sering Diejek Jaga Gereja dan Bubarkan Pengajian

Foto: jatimnow.com

Debunk ini berisi Judul berita yang mencatut kompas.com dengan judul “tak tahan sering diejek jaga gereja dan bubarkan pengajian oleh tetangganya, seorang anggota banser stress dan meninggal. Setelah ditelusuri foto yang ada pada judul berita tersebut merupakan kejadian seorang anggota banser yang meninggal akibat menjadi korban tabrak larri di Ponorogo.

======

(KATEGORI): DISINFORMASI

======

(SUMBER): MEDIA SOSIAL

======

(PENJELASAN):

Beredar sebuah screenshot yang mencatut nama kompas.com yang memberi judul berita seorang anggota Banser stress dan meninggal akibat sering diejek tetangganya jaga gereja dan bubarkan pengajian.

Dalam judul tersebut tertera pada hari jumat, 7 september 2018 pukul 16:23 WIB. namun setelah di telusuri di laman kompas.com tidak ditemukan berita dengan judul tersebut pada tanggal dan jam itu.

Selanjutnya, penelusuran dilakukan dengan menggunakan google search image dimana didapati bahwa gambar yang ada pada judul tersebut merupakan kejadian tabrak lari terhadap seorang anggota Banser di Ponorogo, Jawa Timur.

Berita yang diturunkan oleh Jatimnow.com dan madiun.solopos.com pada tanggal 17 agustus 2018 itu berisi “Anggota Banser di Ponorogo jadi korban tabrak lari”.

Seorang anggota Barisan Serbaguna Nahdlatul Ulama atau Banser Ponorogo meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Ponorogo-Magetan, Pasar Danyang, Desa Kedungbanteng, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, Jumat (17/8/2018) sekitar pukul 11.55 WIB.

Anggota Banser Ponorogo bernama Ahmad Am, 43, itu dalam perjalanan pulang seusai mengikuti Apel Banser Lawu di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jumat pagi. Pria ini masih mengenakan seragam Banser saat kecelakaan itu terjadi.

(KESIMPULAN):

Judul berita dengan gambar seorang anggota Banser tewas yang mencatut kompas.com pada tanggal 7 september 2018 pukul 16:23 WIB tidaklah benar adanya dan masuk kedalam kategori DISINFORMASI, karena berdasarkan penelusursan gambar anggota Banser tersebut merupakan korban tabrak lari dan bukan meninggal akibat stress karena sering diejek tetangga jaga gereja dan membubarkan pengajian.
======

REFERENSI:

https://news.kompas.com/search/2018-09-07/8

http://madiun.solopos.com/…/anggota-banser-ponorogo-kecelak…

https://jatimnow.com/baca-5808-banser-di-ponorogo-jadi-korb…