[SALAH] KPU Lakukan Voting Pemilihan Capres Melalui Facebook

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa Fanpage Facebook atas nama Voting KPU Pusat yang melakukan voting pemilihan Calon Presiden (Capres) bukanlah milik lembaga tersebut. Bantahan itu disampaikan KPU melalui pers rilis yang ditulis oleh tim Humas KPU. Dilansir dari viva.co.id, kumparan.com, dan alinea.id, tim Humas KPU menyebutkan dalam rilisnya bahwa KPU tidak pernah melakukan voting terkait pemilihan Capres yang akan berlaga di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. “KPU tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan Voting terkait Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan/atau Pemilihan Legislatif,” tulis tim Humas KPU dalam rilisnya.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/VotingKPUPusat/

https://www.facebook.com/VotingKPUPusat/posts/1984736531616479

https://www.facebook.com/VotingKPUPusat/videos/2706089689417022/

 

=====

 

Narasi:

 

  • Ini Voting 100% Real!!
  • Siapa Calon Presiden Pilihan Rakyat 2019?

Klik Bagikan Agar Kita Bisa Tau Suara Rakyat.

http://tinyurl.com/kpupusat

 

======

 

Penjelasan Lengkap:

 

Beredar voting mengenai pemilihan Calon Presiden (Capres) 2019 yang dilakukan akun Fanpage Voting KPU Pusat. Dalam akun tersebut terdapat beberapa jenis voting pemilihan Capres, yakni berjenis video dan pilihan jejak pendapat. Atas beredarnya akun tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun angkat bicara.

 

Melalui pers rilisnya, dilansir dari viva.co.id, kumparan.com, dan alinea.id, tim Humas KPU menegaskan bahwa KPU tidak pernah mengadakan voting pemilihan Capres melalui media sosial. “KPU tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan Voting terkait Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan/atau Pemilihan Legislatif,” tulis tim Humas KPU.

 

Selain itu, KPU juga membantah bahwa akun Fanpage Voting KPU Pusat adalah milik lembaga tersebut. “Fan page Facebook resmi KPU adalah KPU Republik Indonesia,” klarifikasi lanjut KPU.

 

Adapun, dalam rilis pers itu disebutkan bahwa ada sebuah laman daring yang mencatut nama KPU. Laman daring itu ialah http://tinyurl.com/kpupusat. Atas peredaran laman daring itu, tim Humas KPU menyatakan bahwa laman tersebut bukan pula milik KPU.

 

“http://tinyurl.com/kpupusat bukan website KPU, karena website resmi KPU adalah kpu.go.id,” tulis tim Humas KPU.

 

=====

 

Catatan:

 

Situs yang mencatut nama KPU yang disebutkan sudah berganti menjadi situs Lowongan Kerja Situbondo (https://lokersitubondo.com/privasy-policy/).

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.viva.co.id/berita/viva-fakta/1073103-kpu-bantah-ada-voting-pemilihan-presiden

https://kumparan.com/@kumparannews/kpu-tak-pernah-bikin-voting-di-facebook-terkait-pilpres-2019-1536422207917622710

https://www.alinea.id/nasional/kpu-klarifikasi-akun-palsu-yang-banyak-beredar-b1U5A9dEd